nusabali

TNI dan Warga Kebung Pasang Pipa Sepanjang 800 Meter

  • www.nusabali.com-tni-dan-warga-kebung-pasang-pipa-sepanjang-800-meter

AMLAPURA, NusaBali
Anggota Koramil Sidemen, Kecamatan Sidemen, Karangasem memasang pipa sepanjang 800 meter di Banjar Kebung, Desa Telaga Tawang, Kecamatan Sidemen, Kamis (15/9).

Warga Banjar Kebung turut membantu pemasangan pipa untuk mempercepat penyelesaian pemasangan pompa hydram bantuan Kodam IX Udayana. Pompa hydram ini untuk memenuhi kebutuhan air sebanyak 153 KK di Banjar Kebung.

Danramil Sidemen, Kapten Inf Marjuli, targetkan pompa hydram sudah bisa difungsikan pada akhir Oktober nanti. Pompa hydram untuk mengangkat air dari sumber mata air di Pura Gangsing. Pipa yang telah dipasang sepanjang 78 meter ukuran 4 dim dari mata air Gangsing menuju bak penampungan utama. Selanjutnya warga memasang pipa sepanjang 800 meter dari bak penampungan utama untuk mengalirkan air ke pusat pemukiman. “Kami mengapresiasi semangat masyarakat bergotong royong berbaur dengan anggota TNI membangun pompa hydram bantuan dari Kodam IX Udayana,” ungkap Kapten Inf Marjuli.

Camat Sidemen AA Made Agung Surya Jaya mengapresiasi semangat warga bersama anggota TNI berbaur menuntaskan pembangunan tempat pompa hydram dan membangun beberapa bak penampungan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat. “Sebenarnya air berlimpah hanya saja posisinya agak di bawah perlu diangkat. Syukurnya ada teknologi terbaru, mengangkat air menggunakan pompa hydram tanpa listrik,” jelas AA Made Agung Surya Jaya.

Sementara anggota Koramil Karangasem sedang menuntaskan tahap akhir pembangunan pompa hydram di Desa Adat Dukuh Penaban dengan memasang pipa 4 dim sepanjang 1.100 meter dari bak penampungan primer menuju bak penampungan di Museum Pustaka Lontar. Air inii untuk keperluan irigasi krama Desa Adat Dukuh Penaban. Danramil Karangasem Kapten CPl I Gusti Made Darsana targetkan pipa hydram tuntas dipasang dan dioperasikan pada akhir Oktober 2022. Diprediksi pompa hydram ini mampu mengairi 45 hektare lahan pertanian. *k16

Komentar