nusabali

Nelayan Dilibatkan Jaga Keamanan

  • www.nusabali.com-nelayan-dilibatkan-jaga-keamanan

Para nelayan di perairan Jembrana diminta turut menjaga keamanan, terlebih menjelang event internasional KTT G20 di Nusa Dua.

NEGARA, NusaBali
Jelang KTT G20 di Nusa Dua, Badung, yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang, Satuan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polres Jembrana mengintensifkan patroli perairan.

Di samping mencegah aksi penyelundupan, kegiatan patroli perairan ini juga bertujuan mengajak para nelayan menjaga keamanan di wilayah perairan Jembrana.

Seperti yang dilaksanakan, Kamis (15/9) kemarin. Anggota Satpolairud Polres Jembrana, Bripka Purwantono bersama dua anggota lainnya dengan membawa Kapal XI- 1017, melaksanakan kegiatan patroli dari Pos Polairud di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana.

Kegiatan patroli itu dilaksanakan menuju ke timur hingga ke wilayah perairan Desa Yeh Kuning, Kecamatan Jembrana. Dalam patroli perairan itu, dilakukan pengecekan terhadap sejumlah perahu dan berdialog dengan nelayan yang ditemui di tengah laut.

Kasat Polairud Polres Jembrana AKP I Putu Raka Wiratma mengatakan, kegiatan patroli perairan itu, dilaksanakan sebagai upaya menciptakan situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif. Melalui patroli perairan itu, sekalian mengajak para nelayan yang lebih banyak beraktivitas di perairan, agar bersama-sama menjaga keamanan wilayah perairan Jembrana.

"Kita ajak menjaga keamanan. Apalagi di Bali akan berlangsung event internasional KTT G20. Agar betul-betul steril dan kita ajak mencegah tindak pelanggaran di wilayah hukum Polres Jembrana. Khususnya di wilayah pesisir dan perairan," ucap AKP Raka.

Selain patroli perairan, AKP Raka mengatakan, juga memerintahkan jajarannya memaksimalkan patroli sambang pesisir dan sambang ke seluruh kelompok ataupun tokoh nelayan. Terutama kelompok nelayan di wilayah pesisir yang terdapat pelabuhan rakyat. "Kita titip pesan kalau semisal ada hal-hal yang mencurigakan, agar segera dilaporkan. Intinya, kita tetap bersinergi menjaga agar situasi tetap aman dan kondusif," ujarnya. *ode

Komentar