nusabali

MFW8 Dihadiri 4.928 Penonton

  • www.nusabali.com-mfw8-dihadiri-4928-penonton

Tercatat lebih dari 90 persen jumlah penonton berasal dari Indonesia.

DENPASAR, NusaBali

Festival film pendek Minikino Film Week 8 - Bali International Short Film Festival (MFW8) telah berlangsung 2-10 September dengan meriah. Festival tahunan sejak 2015 berisi beragam kegiatan dengan total pengunjung pada tahun ini sebanyak 4.928 penonton.

Secara keseluruhan, MFW8 menggelar 180 acara termasuk pemutaran program film pendek di layar lebar dan rangkaian acara short film market.  "Total penonton yang hadir adalah 4.928," terang Direktur MFW8 Edo Wulia, Rabu (14/9).

Secara lebih rinci ia menyebut, peserta kegiatan short film market berjumlah 1.239,  penonton short film festival berjumlah 3.373,  pre-event dan fringe events dihadiri 316 peserta dengan aktivasi 21 titik lokasi kegiatan.

Lebih lanjut tercatat lebih dari 90 persen jumlah penonton berasal dari Indonesia dan pengunjung festival mancanegara meliputi Asia Tenggara (Thailand, Singapura, Filipina, Malaysia, Laos), Korea, Australia, serta Amerika (Kolombia, Amerika Serikat, Kanada), dan Eropa (Denmark, Prancis, Jerman, Hungaria, Ukraina, dan Finlandia).

Sebelumnya dikatakan pada saat pandemi Covid-19 Minikino Film Week berjalan sangat terbatas. Jumlah penonton yang bisa hadir terbatas 100 orang.

“Setelah dua tahun lebih mengalami situasi pandemi tanpa tamu festival internasional, akhirnya pintu dunia terbuka lagi dan Bali kembali menggeliat. Festival ini dapat berjalan dengan baik atas dukungan dan kerjasama seluruh pihak yang terlibat, termasuk para sukarelawan tahun ini,” ujar Edo Wulia.

Pada Jumat (9/9) MFW8 mengumumkan pemenang kompetisi nasional dan internasional yang berhasil meraih penghargaan film pendek terbaik untuk masing-masing kategori tahun ini. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memberi dukungan yang memungkinkan lebih banyak undangan narasumber dari pelaku industri film pendek, baik nasional maupun internasional. Hal ini memperkuat posisi MFW sebagai event strategis yang bermanfaat bagi pengunjungnya.

“MFW8 adalah simpul pertemuan yang menghubungkan ruang-ruang pengetahuan dan ekonomi. Jadi selain acara awarding, antusiasme peserta di short film market sangat bernilai," kata salah satu Dewan Penasihat MFW8, Ursula Tumiwa.

Secara keseluruhan, ada lebih dari 150 akreditasi diterbitkan oleh Minikino Film Week untuk peserta festival dari industri film pendek Indonesia dan mancanegara. Akreditasi ini menjadi pengakuan bagi para pegiat film pendek untuk terlibat dalam jaringan industri.

Selain itu, keterlibatan lebih dari 53 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), kolaborasi dengan komunitas disabilitas juga terwujud dalam rangkaian program Inclusive Cinema sebagai pendukung dan kolaborator festival selama 2-10 September 2022 juga terbangun. Selanjutnya, Minikino Film Week 9, Bali International Short Film Festival, rencananya akan jatuh pada tanggal 15-23 September 2023 mendatang. *cr78

Komentar