nusabali

Pemkot Akan Luncurkan 4 Program

  • www.nusabali.com-pemkot-akan-luncurkan-4-program

Guna menekan inflasi, Pemkot Denpasar melakukan strategi jangka pendek dengan menggelar operasi pasar melalui program Sewaka Mart milik Perumda Pasar Sewaka Dharma.

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar merancang empat program strategis yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini sebagai langkah jangka pendek untuk pengendalian inflasi. Keempat kegiatan tersebut adalah bantuan sosial, penciptaan lapangan kerja, subsidi di sektor transportasi, dan perlindungan sosial lainnya dengan menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) yang di-pos-kan pada kegiatan Belanja Tak Terduga (BTT) yang besarannya 2 persen dari DAU.

Hal itu mengemuka saat Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama kepala OPD terkait anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Denpasar, mengikuti secara virtual di kantor walikota, Rapat Koordinasi (Rakor) Pusat dan Daerah Pengendalian Inflasi Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri, Rabu (14/9).

Rakor tersebut bertujuan menyamakan persepsi dan langkah-langkah yang harus diambil guna mengatasi laju inflasi di daerah. Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat Airlangga Hartarto.

“Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, untuk mengatasi laju inflasi dengan memperluas kerjasama antardaerah, operasi pasar, perdagangan digital, mempercepat implementasi program ketahanan pangan, hingga menyusun neraca komoditas pangan. Kita harus berhati-hati dengan sundulan langsung ke sektor transportasi. Bapak Presiden juga minta agar terus dimonitor terutama di pasar-pasar yang sangat mempengaruhi perekonomian kita,” ujar Menko Airlangga.

Walikota Jaya Negara mengatakan untuk strategi jangka pendek dalam bulan Agustus – Desember ini Pemkot Denpasar telah menggelar operasi pasar untuk menekan laju inflasi.  

“Untuk menekan laju inflasi, Pemkot Denpasar melakukan strategi jangka pendek dengan menggelar operasi pasar. Operasi pasar ini dilakukan melalui program Sewaka Mart milik Perumda Pasar Sewaka Dharma,” kata Walikota Jaya Negara.

Hal ini dilakukan untuk memenuhi pasokan kebutuhan para pedagang di pasar-pasar yang ada di Kota Denpasar. Selain itu melalui program gerakan tanam hortikultura di pekarangan rumah bekerjasama dengan TP PKK, juga diharapkan dapat menekan laju inflasi di Denpasar.

“Dengan kegiatan ini kami harapkan dapat efektif untuk pengendalian inflasi,” ujar Walikota Jaya Negara. Kabag Perekonomian Setda Kota Denpasar Made Saryawan, mengatakan TPID Kota Denpasar telah menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat dalam hal pengendalian inflasi. Pengendalian Inflasi selanjutnya diharapkan aktif hingga ke desa/kelurahan bahu-membahu untuk mengendalikan inflasi. Untuk menekan laju inflasi agar tidak semakin meningkat, Pemkot Denpasar juga telah merancang empat program strategis yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini sebagai langkah jangka pendek. Keempat kegiatan  yang akan dilaksanakan, yakni, bantuan sosial, penciptaan lapangan kerja, subsidi di sektor transportasi, dan perlindungan sosial lainnya dengan menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) yang di-pos-kan pada kegiatan belanja tak terduga (BTT) yang besarannya 2 persen dari DAU.

Kota Denpasar berdasarkan hasil Survei Pemantauan Harga (SPH) pada minggu I September 2022 menunjukkan perubahan harga (peningkatan) inflasi sebesar 0,28 persen (mtm), lebih tinggi dibandingkan minggu sebelumnya deflasi sebesar -0,15 persen (mtm). Komoditas penyumbang inflasi terbesar adalah kenaikan harga BBM, telur ayam ras, gula pasir, sabun detergen bubuk/cair, dan mi kering instan. Sementara itu terdapat penurunan harga untuk komoditas bawang merah, cabai merah, daging ayam ras, cabai rawit, dan tomat.

“Guna menekan laju inflasi ke depan, kami menginstruksikan agar seluruh anggota TPID Kota Denpasar bersinergi menjalankan program-program yang telah dirancang seperti operasi pasar, bazar pangan, serta mengoptimalkan serapan anggaran belanja tak terduga (BTT),” beber Saryawan. *bin

Komentar