nusabali

Arta Dipa Siap Nyaleg DPRD Bali

Masuk Usulan Caleg PAC PDIP di Karangasem

  • www.nusabali.com-arta-dipa-siap-nyaleg-dprd-bali

AMLAPURA, NusaBali
I Wayan Artha Dipa, tampaknya masih tetap ingin meneruskan karier politiknya pasca menjabat Wakil Bupati (Wabup) Karangasem selama dua periode (2015-2020 dan 2021-2024).

Nama Arta Dipa yang menduduki kursi Wabup dengan pasangan Bupati yang berbeda ini menguat di sejumlah PAC PDIP di Karangasem untuk diusulkan sebagai calon anggota legislatif (Caleg) ke DPRD Bali di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Seperti dalam rapat PAC PDIP Karangasem dan PAC PDIP Selat, nama Arta Dipa muncul sebagai usulan Caleg DPRD Provinsi Bali.

Dikonfirmasi usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Karangasem di Jalan Ngurah Rai Amlapura, Selasa (13/9), Artha Dipa mengaku siap menjalankan amanat partai. "Saya kan selalu siap, asal ditugaskan partai, tidak ada istilah tidak siap," ujar politisi asal Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, Karangasem ini.

Tak hanya siap mengamankan amanat partai, dia juga selalu optimis bisa memenangkan tarung politiknya. "Saya ini dari dauh Bukit Penyu, dikenal optimis dalam segala hal yang tengah diperjuangkan," kata mantan birokrat di Pemkab Karangasem yang terakhir menjabat Plt Sekda Kabupaten Karangasem (2012-2013) ini dengan nada bersemangat.

Usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Karangasem kemarin, dia kemudian berjalan beriringan dengan Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika, yang juga Ketua PAC PDIP Selat. Suastika pun membenarkan jika PAC PDIP Selat memang menggadang-gadang nama Arta Dipa untuk maju sebagai Caleg DPRD Bali. "Ya betul, PAC PDIP Selat juga menjagokan Wakil Bupati Karangasem sebagai bakal caleg di DPRD Bali di Pemilu Legislatif 2024," kata Suastika.

Bagaimana dengan ketentuan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah harus mundur jika maju sebagai Caleg? "Kalau soal itu, ada mekanisme yang mengatur lebih lanjut," tambah Suastika, politisi asal Banjar Juuk Legi, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem ini. Sementara Ketua PAC PDIP Karangasem I Wayan Pura Arnawa juga mengatakan nama Artha Dipa muncul sebagai bacaleg DPRD Bali di 11 ranting. Bukan hanya nama Artha Dipa, juga muncul nama putra sulung Bupati Karangasem I Gede Dana, yakni Putu Suryandana Willyan Richart masuk bursa caleg DPRD Bali. "Dua nama baru muncul sebagai bakal caleg DPRD Bali, yakni I Wayan Artha Dipa dan Putu Suryandana Willyan Richart," kata Pura Arnawa.

Sedangkan Ketua PAC PDIP Manggis, I Wayan Sunarta mengatakan saat ini belum menggelar rapat PAC. "Saya belum gelar rapat, belum tahu, kader yang masuk bacaleg," kata Sunarta.

Sedangkan Ketua PAC PDIP Abang I Ketut Suardana juga mengakui nama putra Bupati Karangasem I Gede Dana, Putu Suryandana Willyan Richart masuk bursa bacaleg DPRD Bali. "Ya, namanya muncul di beberapa ranting di PAC PDIP Abang," katanya. Di bagian lain Ketua DPC PDIP Karangasem yang juga Bupati Karangasem, I Gede Dana mengaku belum mengetahui nama-nama kader yang masuk bursa bakal caleg DPRD Karangasem maupun DPRD Bali dari Dapil Karangasem.

"Saya belum tahu, silakan berproses, ini prosesnya masih panjang," elak Gede Dana. Tetapi dengan munculnya dua figur, yakni Artha Dipa dan Putu Suryandana Willyan Richart, setidaknya memunculkan pesaing baru untuk tiga incumbent di DPRD Bali asal Dapil Karangasem. Sehingga ketiga incumbent posisinya terancam digoyang pendatang baru, yakni Ni Kadek Darmini, I Nyoman Oka Antara dan I Nyoman Purwa Ngurah Arsana. *k16

Komentar