nusabali

Lewandowski Kejam Hadapi Mantan

Big Match Bayern vs Barcelona, Rabu Dinihari

  • www.nusabali.com-lewandowski-kejam-hadapi-mantan

Saya tidak banyak mengubah Robert. Pengalaman yang didapatkannya adalah berkah terbesarnya. Dia sangat dewasa, tetapi datang ke sini dengan kerendahan hati.

MUNICH, NusaBali
Bayern Munchen akan menjamu Barcelona pada matchday kedua Grup C UEFA Champions League (UCL), di Allianz Arena, Rabu (14/9) dinihari, pukul 03:00 WITA. Striker baru Barca Robert Lewandowski selalu tampil ‘kejam’ dan rajin membobol gawang klub mantan

Musim panas lalu, Lewandowski pindah dari Bayern ke Barcelona. Tak butuh waktu lama, hasil undian fase grup Liga Champions, mesin gol Polandia itu langsung dipertemukan dengan mantan klubnya. Dia akan kembali ke rumah lamanya, tetapi sebagai lawan.

Pada laga perdana, Bayern dan Barcelona sama-sama meraih kemenangan. Gol Leroy Sane dan bunuh diri Danilo D'Ambrosio memberi Bayern kemenangan 2-0 di kandang Inter Milan. Sedangkan Barcelona menumbangkan tamunya Viktoria Plzen 5-1. Franck Kessie dan Ferran Torres masing-masing mencetak satu gol, sedangkan Lewandowski memborong tiga gol alias hattrick.

Pada laga liga masing-masing akhir pekan lalu, Bayern ditahan Stuttgart 2-2, dan Barcelona melumat tuan rumah Cadiz 4-0. Bayern memenangi empat laga terakhir dengan Barcelona, dan mencetak total 17 gol. Dari 17 gol ke Barca itu, Lewandowski menyumbang empat gol. Kali ini, Lewandowski di pihak Barcelona dan jadi sorotan utama.

Kepindahannya ke Barcelona jadi kejutan di bursa transfer musim panas. Banyak yang menyayangkan sekaligus meragukan kepindahan tersebut dapat menjaga ketajaman pemain 34 tahun itu. Nyatanya Lewandowski menggebrak keraguan tersebut. Dalam enam laga pertama bersama Barcelona, dia mencetak 9 gol dan dua assist.

Namun seberapa mampu Lewandowski membantu Barcelona memenangi laga-laga menghadapi tim besar, khususnya Bayern.

Bayern bukanlah hal baru bagi Lewandowski sebagai lawan. Dia tercatat 14 kali menghadapi raksasa Bundesliga itu selama berseragam Borussia Dortmund dari rentang 2010/2011 hingga 2013/2014.

Kalau ditanya soal rekor gol, Lewandowski tidak begitu impresif pada waktu itu. Dia hanya mencatatkan lima gol dan tanpa assist selama jumlah laga tersebut. Namun, dia pernah melakukan hal spektakuler bersama Dortmund.  Lewandowski pernah mencetak hattrick ke gawang Bayern saat membantu Dortmund menang 5-2 di final DFB Pokal 2011/2012.

Walaupun begitu, Lewandowski tercatat sangat terbiasa membobol gawang mantan timnya. Dia melakukannya ke gawang Dortmund saat berseragam Bayern. Dortmund yang membesarkan namanya juga njadi korban keganasan Lewandowski. Total 27 gol bersarang ke gawang Dortmund akibat Lewandowski, yang dilakukan dalam 26 laga.

Menurut rekam jejak, Lewandowski bisa melakukan itu di tahun pertamanya bertemu mantan timnya itu. Dia mulai rutin mencetak gol ke gawang Dortmund sejak musim 2014/2015 atau tahun pertamanya bersama Bayern. Laga lawan Bayern akan jadi pembuktian Lewandowski. Seberapa berpengaruh bagi Barcelona di laga penting.

"Saya tidak banyak mengubah Robert. Pengalaman yang didapatkannya adalah berkah terbesarnya. Dia sangat dewasa, tetapi datang ke sini dengan kerendahan hati. Dia selalu melakukan hal yang luar biasa untuk tim," kata manajer Barcelona Xavi Hernandez. *

Komentar