nusabali

Dari Finansial Minus dan Kini Surplus

'Comeback' Brilian Barcelona

  • www.nusabali.com-dari-finansial-minus-dan-kini-surplus

BARCELONA, NusaBali
Manajemen Barcelona layak dapat acungan jempol dalam mengatur keuangan tim.

Bagaimana tidak, setelah terlilit masalah finansial yang dahsyat pada awal musim, Barcelona kini dilaporkan mengalami surplus keuangan. Menurut laporan Sport, Barcelona membuat comeback brilian dari segi finansial. Keadaan finansial yang sebelumnya minus 144 juta Euro kini sudah aman di angka 656 juta Euro.

Angka tersebut yang meloloskan Barcelona dari jerat Financial Fair Play yang dikeluarkan UEFA beberapa waktu lalu. Barcelona tidak dikenai denda karena pelanggaran FFP oleh UEFA  setelah melakukan sejumlah manuver finansial yang berani.

Keberhasilan Barcelona ini ditambah pula kesuksesan mendatangkan sejumlah pemain top. Robert Lewandowski, Franck Kessie, Marcos Alonso, dan beberapa pemain jempolan lainnya.

Penarikan ‘tuas ekonomi’ diyakini jadi faktor terbesar yang membuat Barcelona lepas dari masalah finansial tersebut. Ada empat tuas yang ditarik untuk membebaskan organisasi dari jerat utang.

Ya, caranya dengan penjualan aset-aset tertentu. Barcelona dikabarkan menggadaikan dua aset paling berharga. Yakni, hak siar televisi dan merchandising.

La Liga sempat memperingatkan Barcelona soal masalah finansial yang mendera klub. Salah satu ancaman, Barcelona tak boleh mendaftarkan pemain baru jika tidak segera menuntaskan masalah tersebut.

Presiden Barcelona Joan Laporta secara cerdik melakukan tugasnya dengan baik. Dia mengatasi masalah keuangan klub. Tepat sebelum laga pertama, empat dari lima pemain baru berhasil didaftarkan. Satu pemain tersisa didaftarkan kemudian sebelum pekan ke-2 berlangsung.

Barcelona seakan tidak terganggu dengan masalah finansial yang ada. Pada pekan pertama, Barcelona sempat ditahan Rayo Vallecano 0-0.

Namun setelahnya, Barcelona digdaya. Tiga laga LaLiga selanjutnya berakhir dengan kemenangan. Bahkan, Barcelona hanya kebobolan satu gol dari empat laga. Barcelona juga perkasa di Liga Champions, dengan menghajar Viktoria Plzen 5-1 pada laga pertama grup.

Sementara pada laga terakhirnya di LaLiga melawan tuan rumah Cadiz, Barcelona tampil perkasa dan menang 4-0 di Estadio Nuevo Mirandilla, Sabtu (10/9) malam.  Laga itu ditandai penampilan Robert Lewandowski yang terus menerus mencetak gol untuk Barcelona.

Bomber asal Polandia itu mencetak gol kedua Barca pada menit ke-65. Dia juga memberi assist untuk gol Ansu Fati pada menit ke-86 dan Ousmane Dembele menit ke-90+2. Total, Lewandowski terlibat dalam 11 gol pada enam laga bersama Barcelona di semua ajang. Rinciannya, sembilan gol dan dua assist. *

Komentar