nusabali

Murid SLBN 2 Denpasar Borong Gelar Juara LKSN PK/PLK 2022

  • www.nusabali.com-murid-slbn-2-denpasar-borong-gelar-juara-lksn-pkplk-2022

DENPASAR, NusaBali
Siswa SLB Negeri 2 Denpasar berhasil memborong gelar juara LKSN PK/PLK (Lomba Keterampilan Siswa Nasional Pendidikan Khusus/Pendidikan Layanan Khusus) 2022 Tingkat Provinsi Bali.

Dari 7 kategori yang dilombakan, murid SLBN 2 Denpasar menyabet 5 gelar juara I dan 1 gelar juara II. Lima murid yang meraih juara I otomatis mewakili Bali pada LKSN tingkat nasional.

Kelima siswa yakni Ayu Intan Melisa Handayani (lomba kecantikan/tata rias), I Made Saraddiva Putra (membatik), Made Agus Ari Purnawan (tata boga), Ni Komang Namira Dharmayanti (menjahit), dan Rosi Pratama (kriya kayu). Sedangkan Putu Prananda Reva Putri (merangkai bunga) meraih juara II pada lomba yang diselenggarakan secara daring pada Agustus lalu.

Kepala Sekolah SLBN 2 Denpasar Ni Wayan Rapiyanti SPd, bersyukur atas anugerah yang diterima sekolah dan murid-muridnya.

“Ini tidak terlepas dari kerja keras guru dalam mendampingi dan membina mereka. Demikian juga semangat anak-anak yang luar biasa serta dukungan dari komite sekolah,” kata Rapiyanti, Minggu (11/9).

Rapiyanti mengungkapkan pihak sekolah menganggap pembelajaran keterampilan sebagai salah satu mata pelajaran yang sangat penting diberikan kepada para muridnya. Dia berharap para muridnya menemukan minatnya sehingga keterampilan yang dipelajari nantinya dapat dikembangkan lagi setelah lulus dan diberdayagunakan untuk bisa hidup mandiri.

“Kerjasama untuk mewujudkan mimpi mereka yang sekarang kami bangun di sekolah,” kata Rapiyanti. Dia menambahkan selain pada ajang LKSN, siswanya pada Agustus lalu juga mengikuti ajang FLS2N PK/PLK (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Pendidikan Khusus/Pendidikan Layanan Khusus) dan KOSN PK/PLK (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Pendidikan Khusus/Pendidikan Layanan Khusus) 2022 Tingkat Provinsi Bali.

Dua siswa meraih juara I FLS2N PK/PLK, yakni Albert Christian Dwiyanto (lomba pantomim) dan Crystal Foo Natasnya (cipta komik strip). Sementara pada ajang KOSN PK/PLK tiga siswa meraih predikat juara I, yakni Rosi Pratama (lomba tenis meja), Sovy Ana Asyarivah (tolak peluru), dan I Gusti Ayu Agung Valentina Dewi (bocce). Mereka juga dipastikan akan lanjut berlaga di level nasional.

Rapiyanti mengatakan prestasi siswanya tahun ini meningkat jika dibandingkan tahun lalu. Dia berharap keberhasilan siswanya juga berlanjut di tingkat nasional dengan meraih juara sebanyak-banyaknya. Tahun lalu satu gelar juara berhasil digondol pada lomba pantomim LKSN PK/PLK 2021.

“Semoga ke depannya prestasi siswa SLBN 2 Denpasar semakin meningkat, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional,” harap Rapiyanti.

Koordinator LKSN PK/PLK 2022 SLBN 2 Denpasar Kadek Megayanti SPd, mengatakan sejumlah persiapan dilakukan selama dua minggu dengan melakukan latihan setiap hari.

“Karena kita bentuknya keterampilan, jadi persiapannya langsung praktik oleh anak-anak,” ujar Megayanti yang sehari-hari mengajar mata pelajaran keterampilan tata busana.

Dia pun berharap siswa yang lolos ke tingkat nasional bisa berprestasi seluruhnya. Persiapan akan dilakukan menjelang lomba yang akan berlangsung daring pada Oktober mendatang. *cr78

Komentar