nusabali

Siklus Menstruasi Tidak Teratur Dipengaruhi Penyakit dan Hormon

  • www.nusabali.com-siklus-menstruasi-tidak-teratur-dipengaruhi-penyakit-dan-hormon

SIKLUS menstruasi atau haid yang tidak teratur umumnya disebabkan oleh faktor penyakit pada rahim, hormonal, dan lingkungan.

Dokter Spesialis Kebidanan Kandungan Syafriani Tanjung mengatakan, terdapat dua faktor yang menyebabkan siklus tersebut tidak normal. Pertama adalah kelainan organ atau penyakit, dan kedua dari non-organ seperti hormonal dan faktor lingkungan.

Menurut dr Syafriani yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dalam jumpa virtual yang dilansir dari antaranews, Jumat (26/8/2022), kelainan organ yang dimaksud adalah ketika dari rahim wanita sudah ada kelainan yang menyebabkan haid terganggu. Misalnya saja myoma, kista, polycystic ovary syndrome (PCOS), polip, kanker, dan adenomyosis.

Karena itu, penting guna melakukan konsultasi bersama dokter kandungan untuk melakukan USG dan penanganan yang sesuai.

Dari sisi non-organ, adalah ketika rahimnya normal, tidak memiliki kelainan, tapi siklus haid terganggu. Misalnya saja hormonal, stres, aktivitas, dan makanan. Meski lebih mudah dikelola dibandingkan faktor sebelumnya, wanita perlu pandai mengelola kegiatan dan stres agar siklus haid tetap berjalan normal.

“Salah satu yang berpengaruh adalah asupan makanan, ini sangat berkaitan dengan kelangsungan haid normal. Diet ketat atau pola makan yang salah dan berlebihan akan mempengaruhi siklus periodik ini,” ujar dia.

Selain itu, wanita tidak perlu khawatir jika terjadi nyeri pada saat menstruasi. Dia mengatakan, nyeri haid yang tidak mengganggu aktivitas harian adalah normal.

Namun, jika setiap bulannya harus mengonsumsi obat pereda nyeri dan memerlukan perawatan lebih lanjut, dia menyarankan untuk segera melakukan pemeriksaan di rumah sakit.

Dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Medistra tersebut melanjutkan, terdapat hal-hal sederhana yang bisa dilakukan wanita agar siklus menstruasinya normal. Dari makanan, dr Syafriani menyarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan menghindari junk food atau gorengan.

"Hindari gorengan, junk food. Makan lah makanan sehat dengan memperbanyak sayur, buah, dan makanan yang mengandung protein serta antioksidan. Misalnya saja tempe, yang mengandung protein super sehat serta estrogen alami. Kelola makanan sehat dengan penyajian yang baik," papar Syafriani.

Selain itu, olahraga teratur juga menjadi gaya hidup yang baik bagi wanita. "Tidak perlu olahraga yang berat, asal teratur. Misalnya saja jalan kaki selama 15 menit setiap harinya. Olahraga teratur akan menyeimbangkan hormon dalam tubuh, metabolisme membaik, dan lemak juga terbakar," jelas dia.

Seseorang mengalami menstruasi yang tidak teratur jika siklusnya lebih lama dari 38 hari, atau jika panjang setiap siklus bervariasi lebih dari 7-9 hari.

Dari kajian lain, beberapa penyebab menstruasi tidak teratur, seperti dilansir dari Medical News Today dalam kompas.com, disebutkan :

1. Kehamilan
Kehamilan menyebabkan seseorang berhenti menstruasi. Menstruasi yang terlewat atau bercak alih-alih menstruasi bisa menjadi tanda paling awal. Tanda-tanda awal kehamilan lainnya mungkin termasuk: mual di pagi hari mual kepekaan terhadap bau, payudara kesemutan atau nyeri tekan, kelelahan.  Jika menstruasi seseorang terlambat, dia bisa melakukan tes kehamilan yang dijual bebas atau meminta tes dari dokter. Jika hasil tes yang dibeli di toko positif, konsultasikan dengan profesional kesehatan tentang langkah selanjutnya.   

2. Kontrol kelahiran hormonal
Kontrol kelahiran hormonal bekerja dengan menekan ovulasi. Ini berarti seseorang tidak memiliki siklus menstruasi yang benar. Namun, orang yang menggunakan pil KB hormonal, patch, implan, dan alat kontrasepsi dalam rahim, yang disebut IUD, masih bisa mengalami pendarahan vagina. Pendarahan ini dapat terjadi kira-kira sebulan sekali, seperti menstruasi biasa. Beberapa orang mengalami bercak, pendarahan tidak teratur, pendarahan ringan, atau pendarahan yang lebih berat setelah mereka memulai bentuk pengendalian kelahiran ini. Beberapa orang lainnya, pendarahan berhenti sepenuhnya. Pendarahan tidak teratur karena kontrasepsi biasanya tidak berbahaya, tetapi jika seseorang mengalami keraguan, bisa periksakan kondisi ke dokter.

3. Menyusui
Prolaktin adalah hormon yang berperan dalam produksi ASI. Hormon ini juga dapat menekan ovulasi, terutama pada orang yang secara eksklusif dan sering menyusui selama bulan-bulan pertama kehidupan bayi. Dengan demikian, dia mungkin tidak mendapatkan menstruasi selama waktu tersebut. Dokter menyebut kondisi ini sebagai amenore laktasi. Hal ini tidak berbahaya. Menstruasi biasanya kembali normal segera setelah seseorang mulai jarang menyusui atau ketika mereka berhenti menyusui.

4. Perimenopause
Perimenopause adalah tahap pertama menopause, dan itu dimulai 4-8 tahun sebelum menopause dimulai, biasanya ketika seseorang berusia 40-an. Selama perimenopause, siklus menstruasi bisa lebih panjang atau lebih pendek di berbagai titik. Akhirnya, periode terjadi lebih jarang, dan mereka berhenti sama sekali ketika menopause dimulai. Tanda-tanda perimenopause lainnya yang mungkin termasuk: hot flashes, keringat malam, perubahan suasana hati, sulit tidur, vagina kering   

5. Stres
Tingkat stres tinggi dikaitkan dengan menstruasi tidak teratur. Para ilmuwan mengonfirmasi hal ini pada 2021 dengan melakukan studi retrospektif tentang keteraturan siklus selama pandemi Covid-19. Dari 210 peserta, 54 persen melaporkan perubahan siklus menstruasi mereka di bulan-bulan awal pandemi. Mereka yang stres dilaporkan sendiri lebih tinggi cenderung memiliki menstruasi lebih lama dan lebih berat. Saat stres, tubuh melepaskan hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol. Hormon ini dapat berinteraksi dengan hormon seks yang mengatur menstruasi.

6. Sindrom ovarium polikistik
Menstruasi yang tidak teratur paling umum ditandai dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS), yang terjadi ketika kista tumbuh di ovarium. Orang dengan kondisi ini sering kali memiliki kadar androgen tinggi, yaitu hormon seks pria. Hal ini dapat menghentikan ovulasi, menghasilkan menstruasi tidak teratur. Orang dengan PCOS mungkin melewatkan menstruasi dan mengalami pendarahan hebat saat menstruasi tiba. Gejala lain termasuk: kelebihan rambut wajah atau tubuh kulit berjerawat dan berminyak penambahan berat badan rambut rontok sulit hamil resistensi insulin

7. Kondisi tiroid
Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher yang menghasilkan hormon tiroid. Ini memiliki pengaruh pada siklus menstruasi. Memiliki tiroid yang kurang aktif – suatu kondisi yang disebut hipotiroidisme – berarti kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon. Kondisi ini dapat menyebabkan menstruasi yang lebih lama dan lebih berat. Gejala lain termasuk kelelahan, kepekaan terhadap dingin, dan penambahan berat badan. Tiroid yang terlalu aktif, atau hipertiroidisme, dapat menyebabkan periode lebih pendek dan lebih ringan. Seseorang dengan kondisi ini juga dapat mengalami penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, cemas, dan jantung berdebar-debar.

8. Fibroid rahim
Fibroid adalah pertumbuhan yang dapat berkembang di dinding rahim. Kebanyakan fibroid tidak bersifat kanker. Mereka dapat berkisar dari ukuran biji apel hingga ukuran jeruk bali. Seseorang dengan fibroid mungkin mengalami menstruasi yang menyakitkan dan cukup berat, bahkan bisa menyebabkan anemia. Mereka mungkin juga mengalami: nyeri atau tekanan panggul menurunkan nyeri punggung sakit kaki rasa sakit saat berhubungan seks. Namun, beberapa orang tidak memiliki gejala selain menstruasi yang tidak teratur.

9. Endometriosis
Endometriosis mempengaruhi 1 dari 10 perempuan usia reproduktif. Kondisi ini menyebabkan jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh di luar rahim. Ini dapat menyebabkan rasa sakit yang signifikan, terutama di sekitar menstruasi. Gejala lain termasuk: pendarahan hebat, waktunya lama, perdarahan antar periode, buang air besar menyakitkan, rasa sakit selama atau setelah hubungan seksual.

10. Berat badan kurang
Penurunan berat badan yang cepat dapat menyebabkan menstruasi menjadi kurang teratur atau berhenti. Kondisi ini terjadi ketika bagian otak berhenti melepaskan hormon yang memengaruhi siklus menstruasi. Istilah medisnya adalah amenore hipotalamus dan ini menyebabkan defisiensi estrogen. Seseorang dengan berat badan kurang dapat mengembangkan: kulit atau rambut kering, menipiskan rambut, kelelahan, sulit berkonsentrasi, sulit menjadi hangat, suasana hati rendah.

11. Olahraga berlebihan
Aktivitas ini dapat mengganggu hormon yang bertanggung jawab untuk menstruasi. Hal ini bisa terjadi pada atlet wanita, penari, dan lainnya yang berlatih secara intensif. Jika olahraga intens dikombinasikan dengan diet ketat, seseorang mungkin mengembangkan ‘triad atlet wanita’, yang meliputi : makan tidak teratur, perubahan menstruasi, kepadatan mineral tulang rendah, atau osteoporosis Hal ini dapat terjadi akibat tekanan untuk menjadi kurus bagi orang yang berpartisipasi dalam olahraga tertentu, seperti balet atau senam. Dalam beberapa kasus, mungkin ada keunggulan kompetitif memiliki berat badan yang lebih rendah. Beberapa orang merasa sulit untuk berhenti berolahraga dan istilah medis untuk ini adalah latihan kompulsif.

12. Obat-obatan
Obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi siklus menstruasi, termasuk: obat pengencer darah, seperti aspirin obat antiinflamasi nonsteroid, atau NSAID, seperti ibuprofen (Advil, Motrin), obat tiroid, antidepresan, obat epilepsi, obat kemoterapi.  Perubahan terkait obat pada menstruasi tidak selalu berbahaya. Namun, jika seseorang percaya menstruasi yang tidak teratur terkait dengan pengobatan, mereka mungkin harus berbicara dengan dokter tentang alternatifnya.

13. Kanker serviks dan endometrium
Serviks dan endometrium kanker dapat menyebabkan perdarahan yang tidak biasa dari rahim yang dapat menyerupai suatu menstruasi. Seseorang mungkin juga melihat pendarahan di antara menstruasi atau setelah berhubungan seks. Jenis kanker ini menyebabkan sedikit gejala pada tahap awal, jadi sangat penting untuk berbicara dengan dokter tentang pendarahan vagina yang tidak dapat dijelaskan. *

Komentar