nusabali

Pujawali di Pura Kawitan Sira Arya Gajahpara di Tianyar

  • www.nusabali.com-pujawali-di-pura-kawitan-sira-arya-gajahpara-di-tianyar

AMLAPURA, Nusabali
Ribuan umat menghadiri puncak karya Pujawali di Pura Kawitan Sira Arya Gajah Para lan Bretara Sira Arya Getas, Sukengeneb, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Karangasem, pada Purnama Ketiga, Saniscara Wage Perangbakat, Sabtu (10/9).

Karya ini diawali dengan upacara Nanceb Warung pada Sukra Wage Uye, Jumat (26/8).  Lanjut, Nuur Ida Batara Tirta pada Buda Umanis Perangbakat, Rabu (7/9), di Pura Blambangan, Jawa Timur, Pura Pulaki, Pura Besakih, Gunung Agung, dan Puri Agung Klungkung. Hari itu juga dilaksanakan Melasti. Pada Wraspati Pahing Prangbakat, Kamis (8/9), dan Sukra Pon Perangbakat, Jumat (9/9), Katuran Nganyarin. Saniscara Wage Bala, Sabtu (10/9), Puncak Karya, Redite Kliwon Bala, Minggu (11/9). Ida Batara masineb pada pukul 15.00 Wita.

Ketua Umum Pretisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas Nusantara Ketut Suadnyana, mengatakan Pujawali ini merupakan rangkaian upacara yang berlangsung setahun sekali di pura ini. Melalui Pujawali dirinya dan umat memohon kepada Ida Batara-batari agar mapaica karahayuan jagat dan segala isinya. *lsa

Komentar