nusabali

Kontingen UDG Karangasem Target 4 Emas

  • www.nusabali.com-kontingen-udg-karangasem-target-4-emas

AMLAPURA, NusaBali
Kontingen Utsawa Dharma Gita (UDG) Karangasem tahun 2022 target meraih 4 emas di ajang UDG Provinsi Bali yang diselenggarakan di Gedung Ksirarnawa, Art Centre, Jalan Nusa Indah Denpasar, 12-14 September 2022.

Target ini menurun dibandingkan perolehan medali di UDG tahun 2019 yang meraih 6 emas. Bupati Karangasem I Gede Dana melepas kontingen UDG Karangasem di rumah jabatan, Jalan Kartini Amlapura, Jumat (9/9).

Ketua Widya Sabha Karangasem Ida Nyoman Sugata melaporkan, di UDG Provinsi Bali XXX tahun 2022, Karangasem hanya ikut 4 nomor dari 12 nomor yang dilombakan. Target maksimal 4 medali emas. Pada UDG tahun 2019, kontingen Karangasem menyabet 6 medali emas, 6 perak, dan 6 perunggu. Kontingen UDG Karangasem meraih peringkat III. “Tahun ini tidak mungkin bisa merebut juara umum karena hanya mengikuti 4 lomba,” ungkap Ida Nyoman Sugata.

Imbas keterbatasan anggaran hanya mampu mengirim 8 peserta, 4 putra dan 4 putri. Menentukan 8 peserta diawali dengan mengundang Ketua Widya Sabha Kecamatan se-Karangasem untuk menjaring 8 peserta. Disepakati mengirim 8 peserta untuk 4 lomba. Semuanya di nomor berpasangan yakni membaca sloka berpasangan remaja putra Ida Ketut Somya Sidanta dengan Ida Bagus Putu Aditya Mahendra, membaca palawakya berpasangan remaja putri Ni Made Putri Lestari dengan Ida Ayu Dinda Siwantari.

Membaca kakawin berpasangan remaja putra I Gede Arya Adinata dengan Ida Made Panji Gotama dan membaca geguritan berpasangan anak-anak putri Ni Komang Ratih Kumari Dewi dengan Ni Wayan Sri Pradnyawati. “Delapan peserta yang dikirim itu, nantinya tanpa didampingi Pembina. Saya selaku Ketua Widya Sabha Karangasem merangkap selaku pembina, memberikan arahan secara umum,” ungkap Ida Nyoman Sugata yang juga dalang wayang kulit.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Karangasem I Wayan Astika mengakui terbatasnya peserta yang dikirim karena minimnya anggaran, tersedia hanya Rp 108 juta. Bupati I Gede Dana mengapresiasi kerja keras Widya Sabha Karangasem dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karangasem menyiapkan peserta untuk tampil di UDG Provinsi Bali. “Kami berharap tampil maksimal sehingga mampu membawa pulang prestasi untuk kebanggaan Karangasem,” harap Bupati Gede Dana. Bupati berharap untuk UDG tahun-tahun berikutnya bisa lebih maksimal mengirim peserta. *k16

Komentar