nusabali

57 Krama Desa Duda Daftar Sapu Leger Massal

  • www.nusabali.com-57-krama-desa-duda-daftar-sapu-leger-massal

AMLAPURA, NusaBali
Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Karangasem mengagendakan upacara sapu leger massal gratis pada Saniscara Kliwon Wayang, Sabtu (1/10) nanti.

Pendaftaran untuk krama di 27 banjar adat se-Desa Adat Duda dibuka hingga Kamis (15/9). Hingga kemarin baru mendaftar 57 calon peserta. Sapu leger massal gratis dibiayai LPD Desa Adat Duda.

Bendesa Adat Duda I Komang Sujana mengatakan, krama yang memiliki hari kelahiran pada Wuku Wayang diminta segera mendaftar. Surat pemberitahuan rencana sapu leger massal telah disebarkan di 27 banjar adat agar seluruh krama se-Desa Adat Duda mengetahui acara itu. Krama dari 27 banjar adat berasal dari dua desa dinas yakni Desa Duda dan Desa Duda Timur. Sapu leger massal bertujuan membantu krama kurang mampu. Upacara dipusatkan di pertigaan Banjar Pesangkan, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat. “Pendaftaran kami buka hingga Kamis tanggal 15 September,” ungkap Komang Sujana, Jumat (9/9).

Krama yang ikut sapu leger mendapatkan bayuh sang dalang untuk menetralisir unsur negatif bagi krama yang lahir pada Wuku Wayang. Seniman dalang Ida Bagus Darma Wibawa Putra dari Geria Taman, Banjar Adat Pegubugan, Desa Duda telah siap mendukung sapu leger massal itu. “Setiap krama yang ikut upacara sapu leger wajib dapat tirtha wayang dari mangku dalang,” jelas Ida Bagus Darma Wibawa Putra yang juga Ketua BPD Desa Duda Kecamatan Selat.

Disebutkan, sesuai mitologi Hindu, Bhatara Kala, putra Dewa Siwa bersumpah akan menyantap semua yang lahir di pada Wuku Wayang, termasuk adiknya Rare Kumara. Saat Bhatara Kala mengejar sang adik, Dewa Rare Kumara sembunyi di bumbung gender wayang. Akhirnya sesajen yang disuguhkan sang dalang disantap Bhatara Kala sehingga Rare Kumara selamat dari ancaman Dewa Kala. *k16

Komentar