nusabali

Operator Fast Boat Rencana Naikkan Tarif

  • www.nusabali.com-operator-fast-boat-rencana-naikkan-tarif

Tarif fast boat dari Pelabuhan Kusamba menuju Nusa Penida Rp 70.000/orang, dari Pelabuhan Kusamba-Nusa Lembongan Rp 85.000/orang.

SEMARAPURA, NusaBali

Dinas Perhubungan (Dishub) Klungkung mengumpulkan 3 operator fast boat (kapal cepat) yang melayani rute Pelabuhan Kusamba, Kecamatan Dawan menuju Pelabuhan Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Jumat (9/9) hari ini. Para operator fast boat diajak rembuk tentang usulan kenaikan tarif pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Rencananya, para operator fast boat naikkan tarif sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

Kadis Perhubungan Klungkung, I Nyoman Sucitra, mengaku sudah menyurati ketiga operator pengelola fast boat untuk membahas kenaikan tarif rute Kusamba-Nusa Penida. “Penyesuaian tarif ini merupakan permintaan dari pengelola fast boat,” ujar Sucitra, Kamis (8/9). Tarif saat ini dari Pelabuhan Desa Kusamba, Kecamatan Dawan menuju Nusa Penida sebesar Rp 50.000/orang. Dari Pelabuhan Kusamba ke Nusa Lembongan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida sebesar Rp 65.000/orang.

Rencananya, kenaikan tarif fast boat dari Pelabuhan Kusamba menuju Nusa Penida Rp 70.000/orang, sedangkan dari Pelabuhan Kusamba-Nusa Lembongan menjadi Rp 85.000/orang. “Itu baru hitungan sementara, saat pertemuan baru akan diputuskan,” tegas Sucitra. Tarif fast boat tidak diatur dalam Perda, namun mengacu peraturan kementerian. Pengelola fast boat sebegai penentu tarif.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, kenaikan BBM berdampak terhadap kenaikan upah dan ongkos. Bupati mengaku tidak bisa menekan para operator fast boat untuk tetapkan harga. Bahkan, para operator fast boat kadang berbeda tarif dengan rute yang hampir sama. Perlu dibuatkan standarisasi harga untuk menghindari kecemburuan sosial dan persaingan tidak sehat. “Tarif fast boat mesti dibuatkan standarisasi sehingga tidak semena-mena buat promo, inilah peran pemerintah untuk hadir,” kata Bupati Suwirta. *wan

Komentar