nusabali

BLT BBM Disalurkan di Kecamatan Abiansemal, 2.849 Warga Sudah Nikmati Bantuan

  • www.nusabali.com-blt-bbm-disalurkan-di-kecamatan-abiansemal-2849-warga-sudah-nikmati-bantuan

MANGUPURA, NusaBali
Penyaluran BLT BBM di Kabupaten Badung dimulai dari Kecamatan Abiansemal, Kamis (8/9) siang.

Tercatat sebanyak 2.849 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah menikmati BLT BBM tersebut. Penyaluran BLT BBM tahap pertama di Kecamatan Abiansemal langsung dilakukan oleh PT Pos Indonesia. Rencana setelah penyaluran BLT BBM di kecamatan Abiansemal, penyaluran akan dilanjutkan di Kecamatan Mengwi, Jumat (9/9) hari ini.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Badung Ketut Sudarsana didampingi Kasi Perlindungan Sosial Ida Bagus Krisna Dwipayana, mengatakan penyaluran BLT BBM di Kecamatan Abiansemal dilakukan antara lain di Desa Abiansemal, Dauh Yeh Cani, Ayunan, Blahkiuh, Bongkasa, Bongkasa Pertiwi, Sangeh, Punggul, Selat, Taman, Angantaka, Jagapati, Sedang, Mekar Bhuwuana, Darmasaba, Mambal, Sibang Gede, dan Sibang Kaja. “Jadi semua desa ini realisasinya sekarang (kemarin). Jumlahnya sebanyak 2.849 Kepala Keluarga (KK),” ujarnya.

Dikatakan, pencairan BLT BBM dilakukan secara bertahap. Setalah menyelesaikan penyaluran di Kecamatan Abiansemal, yang disasar berikutnya adalah Kecamatan Mengwi. Selama penyaluran BLT BBM, kata Sudarsana, juga didampingi kepala dusun setempat. “Pada saat realisasi, masyarakat juga didampingi kepala dusun setempat agar lebih mudah,” katanya.

Sejauh ini pada tahap penyaluran BLT BBM di Kecamatan Abiansemal semua berjalan lancar. Sudarsana berharap pada penyaluran berikutnya juga tidak ada masalah.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Sosial (Kemensos) RI mulai menyalurkan BLT BBM. Tercatat sebanyak 16.529 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di Gumi Keris yang bakal menikmati BLT BBM tersebut.

Penyaluran BLT BBM ini diberikan kepada KPM bantuan sosial Kemensos, baik PKH (Program Keluarga Harapan) maupun BPNT (Bantuan Pangan Nontunai), sehingga data yang digunakan tetap berbasis pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). BLT BBM sebesar Rp 600.000 itu diberikan untuk empat bulan, yakni September hingga Desember 2022, dengan masing-masing Rp 150.000 per bulan. Namun, untuk mekanisme penyalurannya dibagi dalam dua tahap. Untuk tahap pertama disalurkan sebanyak Rp 300.000 yang dicairkan pada September dan tahap kedua senilai Rp 300.000 dicarikan pada Desember 2022. *ind

Komentar