nusabali

Rivalitas Baru di Liga Champions

  • www.nusabali.com-rivalitas-baru-di-liga-champions

PARIS, NusaBali
Liga Champions 2022/2023 sepertinya akan mengukuhkan rivalitas baru antara Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Betapa tidak, kedua pemain tersebut langsung unjuk gigi pada matchday pertama, yakni mencetak brace atau dua gol bagi timnya masing-masing.

Ya, Haaland mencetak dua dari empat gol Manchester City ke gawang Sevilla, di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Rabu (7/9) dinihari WITA. ManCity pun menang 4-0 atas tuan rumah Sevilla. Haaland seolah melanjutkan tren bagus di Liga Primer dengan 10 gol dari enam laga.

Di Parc des Princes, Mbappe juga tampil luar biasa. Brace pemain 23 tahun itu membawa PSG menang 2-1 atas Juventus. Mbappe melanjutkan performa bagus di Ligue 1 dengan tujuh gol dari lima laga.

Kini Haaland dan Mbappe seolah menyajikan rivalitas baru di Liga Champions. Kedua pemain terus mencetak gol dan membuat rekor.

Bahkan keduanya bisa jadi akan jadi nama yang banyak dibahas dalam 10 tahun ke depan. Catatan prestasi keduanya mulai dibandingkan, terutama pencapaian di Liga Champions.

Mbappe adalah pemain termuda yang mencetak 20 gol di Liga Champions. Dia melakukannya pada usia 21 tahun dan 355 hari. Namun, rekor itu patah di tangan Haaland. Dia mencetak 20 gol pada usia 20 tahun dan 231 hari.

Haaland juga mematahkan rekor Mbappe lain. Haaland mencatatkan gol ke-25 di Liga Champions pada usia 22 tahun dan 47 hari. Dia membuat rekor Mbappe dengan usia 22 tahun dan 20 hari patah begitu saja.

Kini Haaland mencetak 25 gol dari 20 laga yang dimainkan di Liga Champions. Pemain asal Norwegia itu terpaut 10 gol dari Mbappe. 35 gol dicetak Mbappe di Liga Champions dari 54 laga.

Haaland dan Mbappe memang punya karier gemilang di Liga Champions, terutama pada level individu. Catatan gol kedua pemain, seperti yang dibahas di atas, menjadi bukti kualitas mereka.

Namun, Haaland dan Mbappe belum mampu mencapai prestasi puncak di Liga Champions. Pasalnya, baik Mbappe maupun Haaland, belum pernah merasakan gelar juara Liga Champions.

Mbappe sempat melangkah ke final Liga Champions pada musim 2019/2020.  Namun langkah PSG di final kandas oleh Bayern Munchen. PSG kalah 0-1 dari gol eks pemain PSG, Kingsley Coman.

Meski akan membuat rivalitas, Haaland dan Mbappe adalah pemain dengan karakter berbeda. Mbappe tipe penyerang yang bermain melebar. Dia punya dribel dan kecepatan luar biasa untuk mengalahkan lawan. Mbappe mirip dengan tipikal Lionel Messi.

Sedangkan Haaland adalah 'monster' di kotak penalti. Haaland punya naluri gol tinggi. Selain itu, kekuatan fisik Haaland juga sangat kuat. Kekuatan fisik khas orang-orang Viking dan Skandinavia. Agak mirip Cristiano Ronaldo, walau CR7 saat belia sangat kuat sebagai winger.

"Haaland seperti anjing pelacak dalam hal peluang. Haaland hanya di area penalti, dia hanya memiliki pemahaman tentang di mana bola bisa jatuh, dia menjaga dirinya tetap fokus di sana," kata eks pemain MU Rio Ferdinand. *

Komentar