nusabali

Chelsea Kalah, Tuchel Dipecat

  • www.nusabali.com-chelsea-kalah-tuchel-dipecat

Tuchel mengecam skuatnya karena tidak menunjukkan gereget dan tekad sehingga kalah 0-1 dari Dinamo Zagreb. Kekalahan itu yang ketiga kalinya bagi Chelsea dalam lima laga terakhir.

LONDON, NusaBali
Chelsea resmi memecat pelatih Thomas Tuchel. Pemecatan itu terjadi setelah The Blues menjalani tujuh laga musim ini, dan menyusul kekalahan 0-1 dari Dinamo Zagreb (Kroasia), dalam laga perdana Liga Champions Grup E, di Stadion Maksimir, Zagreb, Rabu (7/9) dinihari WITA.

Klub London itu mengumumkan pemecatan tersebut dalam sebuah pernyataan bahwa mereka ‘berpisa’ dengan pelatih asal Jerman itu, yang membawa Chelsea menjuarai Liga Champions pada 2021 dan trofi Piala Dunia Antarklub awal tahun ini.

"Atas nama semua orang di Chelsea FC, klub ingin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Thomas (Tuchel) dan stafnya atas semua upaya kerja keras selama di klub," kata manajamen Chelsea dalam pernyataan, Rabu.

"Thomas akan memiliki tempat dalam sejarah Chelsea setelah memenangi Liga Champions, Piala Super dan Piala Dunia Antarklub saat waktunya di sini," tulis Chelsea. Bahkan [emilik baru Chelsea Todd Boehly dan Behdad Eghbali mengatakan, mereka telah melakukan perubahan pada ‘waktu yang tepat’.

Chelsea saat ini di urutan keenam dalam klasemen Liga Premier Inggris setelah meraih tiga kemenangan, satu hasil imbang dan dua kekalahan dalam enam laga awal. Tuchel juga pelatih Liga Premier Inggris kedua yang dipecat musim ini setelah Bournemouth memecat Scott Parker pekan lalu.

Sementara itu, Tuchel mengecam skuatnya karena tidak menunjukkan gereget dan tekad sehingga kalah 0-1 dari Dinamo Zagreb. Kekalahan itu yang ketiga kalinya bagi Chelsea dalam lima laga. Tuchel mengakui dirinya berharap penampilan Chelsea membaik setelah mengalahkan West Ham United akhir pekan lalu.

"Saya tidak menyangka. Saya pikir pertandingan terakhir membantu kami ... Saya pikir tim sudah siap, saya pikir kami tahu apa ini semua," kata Tuchel.

Tuchel juga mengatakan timnya tidak cukup baik sebagai sebuah tim, tidak klinis dan tidak agresif dalam laga tersebut. Dia menegaskan Chelsea tidak meremehkan Zagreb, tetapi timnya saat ini sering kehilangan fokus.

"Kami memulai dengan baik selama 15 hingga 20 menit, tetapi kemudian kurang determinasi, presisi dan bahkan mungkin kurang naluri pembunuh,” kata Tuchel.

Gol satu-satunya dalam pertandingan ini dicetak Mislav Orsic pada babak pertama. Laga itu juga pertandingan perdana Pierre-Emerick Aubameyang sejak pindah dari Barcelona. Hasil ini membawa Dinamo ke puncak klasemen Grup H dengan 3 poin, sedangkan Chelsea di dasar klasemen. Sedangkan puncak klasemen Shakhtar Donetsk, dengan nilai 3 usai menang 4-1 atas Leipzig.

Chelsea masih dapat memperbaiki posisi mereka di Grup E saat menghadapi RB Leipzig di laga selanjutnya pada Kamis 15 September. Leipzig sendiri pada saat hamper bersamaan juga mengumumkan telah memecat Domenico Tedesco dari jabatan pelatih kepala setelah awal musim yang mengecewakan bagi klub Liga Jerman itu.

Pemecatan itu terjadi tak sampai 24 jam setelah Leipzig menderita kekalahan 1-4 dari Shakhtar Donetsk di kandang sendiri dalam laga pembuka Grup F Liga Champions di Red Bull Arena, Rabu.

Leipzig mengawali musim ini dengan kekalahan 3-5 melawan Bayern Muenchen dalam Piala Super Jerman sebelum meraih kemenangan telak 8-0 atas klub kasta keempat Teutonia Ottensen di laga putaran pertama Piala DFB Pokal. Namun di Liga Jerman Leipzig baru meraih satu kemenangan dari lima laga dan saat ini di urutan ke-11 klasemen sementara dengan lima poin. *ant

Komentar