nusabali

Desa Dauh Puri Kaja Buka Tempat Edukasi Pertanian

  • www.nusabali.com-desa-dauh-puri-kaja-buka-tempat-edukasi-pertanian

DENPASR, NusaBali
Desa Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara membuka peluang bagi sekolah di Denpasar untuk melakukan edukasi pertanian di lokasi Program Padat Karya Tunai (PKT) Ketahanan Pangan Nabati.

Dibukanya tempat edukasi tersebut setelah sebelumnya ada sekolah TK membawa murid-muridnya belajar pengenalan bahan pangan ke lokasi tersebut.

Perbekel Dauh Puri Kaja I Gusti Ketut Sucipta mengatakan sangat terbuka bagi siapapun yang ingin belajar ke PKT ketahanan pangan nabati. Sebab, kawasan itu bukan hanya bermanfaat saat panen saja, namun jika bisa dimanfaatkan sebagai tempat edukasi untuk anak-anak, pihaknya sangat mengapresiasi. Hal itu akan menjadi nilai tambah bagi program tersebut ke depannya.

“Tentunya langkah ini menjadi nilai tambah terhadap PKT ketahanan pangan nabati yang ada di desa,” kata Sucipta, Selasa (6/9).

Dikatakannya, di tempat tersebut guru menjelaskan kepada anak-anak tentang proses tumbuhnya sayur, bagian dari sayur, dan manfaatnya. Dengan begitu, mereka ke depan selain mengenal sayur juga bisa merefleksikan di rumah mereka masing-masing sebagai bahan kebutuhan makanan mereka. “Setelah pembelajaran tersebut, anak-anak juga diajak panen sayur,” ucap Sucipta.

Sucipta mengatakan, selain edukasi pengenalan bahan pangan, di tempat itu juga siswa bisa memetik sayuran langsung. Bahkan mereka juga bisa membawa pulang untuk dimasak dan dikonsumsi.

“Selama ini sayur yang dipanen sebagian juga diberikan untuk para lansia yang ada di wilayah kami. Dengan demikian diharapkan semua masyarakat di Desa Dauh Puri Kaja gizinya terpenuhi. Kami berharap PKT ketahanan pangan nabati di Desa Dauh Puri Kaja bisa dimanfaatkan bagi sekolah lainnya sebagai tempat edukasi,” tandas Sucipta. *mis

Komentar