nusabali

Bali Optimistis Lewati 1 Juta Wisman

  • www.nusabali.com-bali-optimistis-lewati-1-juta-wisman

Pertengahan September kapal pesiar akan masuk Bali melalui Pelabuhan Benoa

DENPASAR,NusaBali

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali terus meningkat. Terakhir sampai dengan Sabtu (3/9) jumlah wisman ke Bali tercatat 945.006 orang. Sehingga akhir tahun ini (2022) jumlah satu  juta wisman untuk Bali optimistis tercapai.

Apalagi jumlah maskapai internasional yang melakukan penerbangan  langsung ke Pulau Dewata bertambah. Yang terakhir adalah China Airlines dari Taiwan. Sehingga total sampai saat ini sudah ada 24 maspakai yang terbang langsung ke Pulau Seribu Pura ini. Kepala Dinas Pariwisata Bali Tjokorda Bagus Pemayun mengatakan Minggu (4/9).

Dijelaskan, pihaknya  tidak memasang target  berapa jumlah kunjungan sampai akhir tahun. Namun demikian, dia memproyeksikan  sampai dengan akhir tahun 2022, dia optimistis satu juta wisman tercapai.

Disampaikan Tjok Bagus Pemayun, pada September  ini  China Airlines akan terbang ke Bali 2 kali seminggu, kemudian pada bulan Oktober menjadi 3 kali seminggu.  Sebelum  akan rutin setiap hari pada Januari 2023.

“Dengan bertambahnya maskapai yang datang, astungkara, akan semakin banyak wisman yang datang,” kata Tjok Bagus.

Apalagi dengan rencana kedatangan kapal pesiar yang akan masuk ke Bali,  melalui Pelabuhan Benoa. “Ini kabar yang baik bagi pariwisata kita di Bali,” tunjuknya terhadap rencana kedatangan kapal pesiar Laperouse yang akan berkunjung ke Benoa pada Selasa (19/9).  

Karena menurut Tjok Bagus Pemayun, kedatangan  kapal pesiar menunjukkan Bali menjadi destinasi pilihan wisman yang berwisata dengan kapal pesiar. Kata dia,  hal itu  tentunya menambah peluang  bertambahnya kedatangan wisman ke Bali.

“Jadi walau  tidak memasang target, namun kita optimistis pariwisata Bali semakin membaik,” tandasnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut sebanyak 477 ribu wisatawan mancanegara (wisman) masuk ke Indonesia pada Juli 2022, tertinggi sejak awal pandemi covid-19.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan jumlah wisman ini naik 38,08 persen dibandingkan Juni 2022, dan melonjak 6.396,46 persen dibandingkan Juli 2021.

"Jadi ini kabar menggembirakan. Ini penting karena wisatawan memberikan efek ganda yang besar dalam perekonomian. Jadi, dengan membaiknya pariwisata kita berharap bisa memberikan kontribusi kepada pemulihan ekonomi Indonesia," ujarnya dalam konferensi pers, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (1/9).

Dalam laporan BPS, turis asing terbanyak masuk ke Indonesia melalui Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali sebanyak 246,4 ribu kunjungan. Terbanyak kedua yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang sebanyak 119,2 ribu kunjungan. Terakhir dari Bandara Internasional Hang Nadim, Batam sebanyak 56,6 ribu kunjungan.

Dari sisi kebangsaan, wisman paling banyak adalah asal Australia sebanyak 84,6 ribu kunjungan, naik 31,06 persen (mtm) dan 67.555 persen (yoy). Disusul oleh wisman dari Singapura sebanyak 59,8 ribu kunjungan yang naik 12,79 persen (mtm) dan melonjak 89.156 persen (yoy).

Terbanyak ketiga wisman yang berasal dari Malaysia sebanyak 43,6 ribu kunjungan. Jumlah ini meningkat 47,34 persen (mtm) dan 3.973 persen (yoy).

Secara kumulatif, Januari-Juli 2022 jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 1,22 juta kunjungan atau naik 1.434,39 persen (yoy). *K17

Komentar