nusabali

SMPN 1 Sukawati Garap Progam Belajar Kreatif

  • www.nusabali.com-smpn-1-sukawati-garap-progam-belajar-kreatif

GIANYAR, NusaBali
SMPN 1 Sukawati, Gianyar, punya program belajar kreatif mulai tahun ajaran baru 2022/2023.

Program ini dicetuskan oleh Kepala SMPN 1 Sukawati Ni Ketut Sugihantari SPd. Program ini meliputi Sekar (Senin Berkarakter), Serama (Selasa Sarapan Bersama), Gelisa (Rabu-Kamis Gerakan Literasi Suspensa), dan Bergema (Jumat-Sabtu Bergerak Bersama).

Kasek Sugihantari menjelaskan setiap Senin para guru wajib memberikan pendidikan karakter pada siswa. Termasuk dirinya sebagai Kasek, selalu keliling kelas usai pelaksanaan Puja Trisandya maupun upacara Bendera. "Kalau ada guru belum hadir, saya pasti masuk kelas memberikan pendidikan karakter sesuai kurikulum Merdeka Belajar mewujudkan profil pelajar Pancasila," ujarnya, Sabtu (3/9).

Setiap hari Selasa, lanjut dia, seluruh warga sekolah baik guru maupun siswa sarapan bersama di sekolah, agar siswa terbiasa sarapan sebelum pembelajaran. Tujuannya, untuk menjaga kesehatan dan mengurangi timbulan sampah plastik. Khusus para siswi, dilanjutkan dengan minum tablet penambah darah. "Sekolah bekerja sama dengan Puskesmas Sukawati I," jelas guru Matematika alumni Undiksha Singaraja ini.

Selain Selasa, seluruh siswa diharapkan setiap hari membawa bekal makanan ke sekolah. "Setiap Selasa kami kompakan. Guru, pegawai dan OSIS makan bersama di halaman sekolah. Siswa yang lain di kelas masing-masing dipandu wali kelas," jelas mantan Kepala SMPN 3 Sukawati ini.

Rabu dan Kamis dinamakan Gelisa (gerakan literasi Suspensa), untuk meningkatkan minat baca siswa dan kemampuan literasi. Bagi yang membaca buku diminta untuk membuat ringkasan. Bagi yang tidak membaca, bisa membuat karya tulisan berupa puisi atau cerpen. Sebagai bentuk apresiasi, karya literasi siswa akan dilombakan pada kegiatan tengah semester. "Kami cari juara I sampai harapan II per tingkat. Rencananya juga, hasil karya anak-anak kita buatkan buku literasi, kerjasama dengan penerbit. Supaya anak-anak jadi sungguh-sungguh, tidak sekedar membaca," jelas guru asal Nusa Penida yang menikah ke Banjar Pacung, Desa Keliki, Kecamatan Tegallalang, Gianyar ini. Buku yang diterbitkan untuk menambah semangat siswa. "Hasil karya tulis mereka nanti dikumpulan per semester, dijilid per kelas," jelas pendidik kelahiran 15 Juli 1979 ini. Selain itu, di masing-masing kelas saat ini juga disediakan pojok baca. Jumat dan Sabtu, olahraga bersama, paling sering senam Pancasila dan Senam Maumere.

SMPN 1 Sukawati menyiapkan ekstra kurikuler yang bisa dipilih oleh siswa. Dari beragam kegiatan non akademik, siswa SMPN 1 Sukawati banyak menorehkan prestasi baik tingkat provinsi maupun nasional. Teranyar, siswa I Kadek Satya Nadika Narayana asal Banjar Peninjoan, Desa Batuan lolos seleksi sebagai pemain utama Bali United U-14 yang akan mengikuti kejuaraan sepakbola U-14 antarclub se-Indonesia di Jakarta. Ni Putu Virna Bellina yang meraih medali emas kejurnas Akuatik 2022.

Tahun ajaran 2022/2023 belasan prestasi ditorehkan. Di antaranya, Juara Umum Lomba UKM KSR PMI Ekspresi Tenaga Relawan Muda Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Mahasaraswati Denpasar, Juara I Lomba Coloring & Drawing Competition Roadshow With Rotary, Juara I kategori 200 meter Putri Lomba Fin Swimming Antar Pelajar Klungkung - Bali Open 2022, Juara I Lomba Poster tingkat provinsi oleh SMAN 1 Klungkung, dan sejumlah prestasi lain. *nvi

Komentar