nusabali

Tarif Fast Boat ke Nusa Penida Dirancang Naik

  • www.nusabali.com-tarif-fast-boat-ke-nusa-penida-dirancang-naik

SEMARAPURA, NusaBali
Kenaikan harga BBM subsidi pertalite menjadi Rp 10.000 per liter, dari sebelumnya Rp 7.650 per liter, berimbas terhadap tarif fast boat (perahu cepat) Bali daratan - Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

Tarif boat saat ini dari Pelabuhan di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung - menuju Nusa Penida, Rp 50.000/orang. Sedangkan, dari Pelabuhan Kusamba ke Nusa Lembongan (Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida) lebih mahal, Rp 65.000 /orang.

Kalkulasi rencana kenaikan tarif fast boat tersebut dari Kusamba - Nusa Penida, sekitar 70.000/orang, sedangkan dari Kusamba - Nusa Lembongan menjadi Rp 85.000/orang. Kepala Dinas Perhubungan Klungkung I Nyoman Sucitra mengatakan rencana kenaikan tarif fast boat tersebut sudah dirancang sejak tiga minggu lalu. Hal ini disebabkan kenaikan biaya operasional dari penggunaan premium menjadi pertalite. Kini ditambah dengan kenaikan harga pertalite dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. "Jika tidak dilakukan penyesuaian tarif seiring kenaikan BBM, mama berpotensi tidak nutup biaya operasional, baik biaya berlayar, sandar, dan lainnya," ujar Sucitra, Minggu (4/9).

Rencana penyesuaian tarif fast boat seiring pergantian bahan bakar dari premium menjadi pertalite, dan kenaikan harga partalite diajukan oleh pengelola fast boat sendiri. Dishub hanya memfasilitasi dengan bersurat kepada masing-masing pengelola fast untuk memberikan gambaran biaya operasional dan berapa nilai dari kenaikan tarif tersebut. "Mengenai tarif fast boat itu tidak diatur dalam Perda, namun mengacu dari peraturan Kementerian, dan yang paling menentukan pengelola fast boat yang bersangkutan," kata Sucitra.

Beberapa pengelola fast boat sudah menjawab surat tersebut, di antaranya mengusulkan tarif fast boat lagi Rp 20.000. Sehingga gambaran awalnya tarif fast boat dari Kusamba - Nusa Penida menjadi Rp 70.000 /orang, dari Rp 50.000/orang. Kemudian, dari Kusamba - Nusa Ceningan menjadi Rp 85.000/orang dari Rp 65.000/orang. "Nanti segera kita kumpulkan pengelola fast boat mengenai berapa kesepakatan kenaikan tarifnya, setelah disepakati berapa nilainya baru ditetapkan oleh bupati," kata Sucitra.

Seperti diketahui, para wisatawan ini menyeberang lewat Pelabuhan Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, maupun Pelabuhan Sanur, Denpasar.

Wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penuda, masuk lewat Pelabuhan Kusamba dan Pelabuhan Sanur, Denpasar, menggunakan armada fast boat, dengan menggunakan total sebanyak 20 armada boat. Fast boat tersebut, Gangga Express, Sekarjaya Grup, The Angkal, Idola Grup, Wijaya Buyuk, Caspla, D Camel, Artamas, Glory 2, Rocky, Funtasea, D Star, Boat Tanis, Dream Beach, Marlin, Mushroom Prds, Semabhu Hill Grup, dan lainnya. *wan

Komentar