nusabali

Dua Pemuda Terombang-ambing di Laut

Diduga Mesin Jet Ski Kehabisan Bahan Bakar

  • www.nusabali.com-dua-pemuda-terombang-ambing-di-laut

MANGUPURA, NusaBali
Dua orang pemuda masing-masing bernama Abdi, 29 dan Ade, 30 ditemukan dalam keadaan selamat oleh Basarnas Denpasar pada Minggu (4/9) dini hari.

Dua wisdom tersebut ditemukan dalam keadaan selamat dan terombang-ambing di atas Jet Ski di perairan Canggu, Kecamatan Kuta Utara. Diduga keduanya tidak bisa menepi karena kehabisan bahan bakar.

Kepala Basarnas Denpasar I Gede Darmada, mengatakan kejadian yang menimpa dua pemuda bermula saat beraktivitas menggunakan Jet Ski dari Pantai Patra Jasa, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung pada Sabtu (3/9) sore pukul 17.00 Wita. Saat itu, keduanya menggunakan Jet Ski menuju perairan Pantai Balangan, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan. Namun hingga malam hari keduanya tak kunjung kembali dan diduga mengalami mati mesin. Lantaran tidak kembali itulah, pemilik Jet Ski langsung melaporkan kejadian itu ke Basarnas Denpasar untuk melakukan pencarian.

“Setelah laporan masuk, malam itu tim SAR gabungan segera melakukan pencarian dengan mengerahkan 1 unit rigit infatable boat, (RIB), 1 unit jukung dan 2 unit Jet Ski,” kata Darmada, Minggu (4/9).

Dalam upaya pencarian itu, Basarnas Denpasar mengerahkan 8 orang personel dari Pelabuhan Benoa yang dibantu oleh TNI AL, Pol Air, masyarakat dan unsur SAR lainnya. Darmada mengakui saat berniat menghentikan pencarian, karena faktor cuaca dan pencahayaan yang kurang, sejumlah nelayan yang sedang melaut melaporkan adanya temuan dua pemuda yang sedang terombang-ambing di tengah laut, tepatnya di perairan Canggu, Kecamatan Kuta Utara. Atas temuan itu, para nelayan kemudian berkoordinasi dengan Basarnas Denpasar. Lantaran ditemukan dalam keadaan selamat, para nelayan kemudian mengevakuasi keduanya ke dalam jukung serta menarik Jet Ski ke Pantai Kedonganan, Kecamatan Kuta. “Dari laporan dua pemuda itu ditemukan pukul 02.00 Wita. Kondisi saat ditemukan dalam keadaan selamat. Selanjutnya mereka dievakuasi ke Kedonganan dan tiba pukul 03.45 Wita,” jelas Darmada.

Kondisi keduanya dalam keadaan sehat, keduanya langsung dipulangkan dan tidak mendapatkan penanganan medis. Terkait kejadian itu, Darmada menduga kalau Jet Ski yang digunakan mengalami mati mesin lantaran kehabisan bahan bakar. Keduanya juga terombang-ambing dan terbawa hingga ke Perairan Canggu. “Dugaan kehabisan bahan bakar, sehingga tidak bisa kembali ke titik awal di Pantai Patra Jasa. Kemudian gelombang tinggi dan Jet Ski yang mereka tumpangi terbawa sampai ke Canggu,” kata Darmada. *dar

Komentar