nusabali

SiteMinder Catat Reservasi Hotel Kini Meningkat

Sempat Terlunta-lunta Karena Pandemi Covid-19

  • www.nusabali.com-siteminder-catat-reservasi-hotel-kini-meningkat

MANGUPURA, NusaBali.com - Wabah global Covid-19 memiliki dampak yang tidak dapat disangkal dan menyerang hampir setiap sektor di seluruh dunia, terutama industri hotel dan pariwisata.

Hal ini juga seiring dihentikannya aktivitas perjalanan yang tentunya berdampak sangat keras kepada hotel, operator tur dan juga maskapai. Namun, seiring dengan dilonggarkannya kebijakan, trend positif kini mulai muncul. Dalam catatan SiteMinder yang merupakan aplikasi perdagangan hotel terkemuka mencatat ada pertumbuhan 47 persen bookingan dari wisatawan mancanegara pada bulan Agustus 2022.

Market Vice President SiteMinder untuk kawasan Asia Pasifik, Bradley Haines menerangkan banyak negara, termasuk Indonesia dan Bali khususnya berharap pada pasar pariwisata internasional yang merupakan sumber pendapatan yang fundamental. Pembatasan perjalanan di rute Internasional yang diberlakukan membuat banyak hotel di Indonesia hanya bisa bergantung pada pasar perjalanan domestik selama dua tahun ke belakang. 

Untuk hotel di destinasi seperti Bali, hal ini merupakan tantangan besar karena pulau ini sangat bergantung pada pasar wisatawan internasional terutama untuk mendukung sektor pariwisata lokal. "Dengan tidak adanya wisatawan internasional, hotel di seluruh pulau harus mengubah strategi pemasaran demi bisa menarik perhatian wisatawan lokal, yang bagi sebagian hotel merupakan sesuatu yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya," terangnya, Minggu (4/9/2022).

Menariknya, setelah dua tahun menghadapi tantangan akibat pandemi, Indonesia kini mengalami peningkatan pesanan tertinggi dari wisatawan Internasional sejak Februari 2020. Data ini diambil dari data yang dikumpulkan SiteMinder, platform perdagangan hotel terbuka sekaligus terkemuka di dunia.

Berdasarkan World Hotel Index dari SiteMinder, dilihat dari indikator utama reservasi hotel dan tren kedatangan tamu secara global menunjukkan bahwa pada bulan Agustus, 47 persen pemesanan datang dari wisatawan internasional yang mengarah pada hotel-hotel di Indonesia. "Catatan ini merupakan sebuah tren positif yang meningkat sejak Februari 2022 ketika pembatasan wisatawan Internasional mulai dilonggarkan," katanya.


Bradley Haines juga mengakui kalau ketergantungan yang kuat pada perjalanan internasional, sektor akomodasi Indonesia tentu merasakan dampak dari pergerakan global yang terbatas ini selama lebih dari sebagian besar beberapa tahun terakhir. Namun demikian, pola yang diwakili dalam data ini menggambarkan kecepatan yang bisa berubah sewaktu-waktu. 

"Dengan ribuan operator hotel besar dan kecil di Indonesia yang berkontribusi signifikan terhadap perekonomian negara tetapi pada waktu yang bersamaan juga tidak selalu memiliki akses ke teknologi yang dapat kami sediakan, ada peluang luar biasa yang menunggu setiap bisnis akomodasi Indonesia saat ini, seperti perjalanan internasional yang kembali meningkat," sebutannya.

Sebagai platform perdagangan hotel terbuka dan terkemuka di dunia, Bradley percaya pada kekuatan teknologi untuk tidak hanya membantu bisnis Indonesia tetap terbuka, tetapi juga untuk berkembang seiring dengan momentum, di mana Indonesia kembali menyambut dunia. Apalagi, Platform SiteMinder menyediakan satu tempat bagi operator hotel untuk menjual, memasarkan, mengelola, dan mengembangkan bisnis mereka. 

Masih menurut dia, baru-baru ini SiteMinder juga merilis platform generasi berikutnya untuk lebih mendukung industri hotel dan pariwisata, telah bekerja secara ekstensif dengan bisnis Indonesia dalam jangka waktu yang lama dan memberikan perspektif unik tentang lansekap lokal. "Hal ini tentu memberi para pelaku bisnis perhotelan jalur yang fleksibel untuk memulai dan meningkatkan skala bisnis melalui teknologi distribusi dan pemasaran yang sudah teruji, diakui lewat berbagai penghargaan, dukungan 24 jam sehari 7 hari seminggu serta ekosistem terbesar dari integrasi teknologi hotel, aplikasi dan mitra terbaik di kelasnya," urainya lagi.

Pengguna SiteMinder Reza Rizky yang merupakan E-Commerce sekaligus Digital Marketing Manager di Citradream Hotels by Ciputra, yang mengoperasikan hotel di Cirebon, Semarang, Bandung, Yogyakarta dan Bintaro mengaku bangga karena telah menjadi salah satu mitra SiteMinder pertama di Indonesia. Pelanggan tetap dan telah bersama selama lebih dari 10 tahun sampai sekarang. 

"Saat itu, SiteMinder telah menjadi mitra teknologi yang sangat stabil, apapun situasinya, memungkinkan saya untuk tidur nyenyak! Hal yang paling saya sukai dari teknologi mereka adalah pengalaman pengguna dan sangat mudah dimengerti. Mereka juga memiliki tim lokal di wilayah tersebut, yang merupakan keuntungan besar bagi saya sebagai pelanggan," katanya singkat. dar

Komentar