nusabali

Adi Arnawa Jajal Sepeda Motor Listrik

Harapkan Ada SPKLU di Destinasi Pariwisata

  • www.nusabali.com-adi-arnawa-jajal-sepeda-motor-listrik

MANGUPURA, NusaBali
Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa test drive sepeda motor listrik saat menghadiri parade konversi sepeda motor BBM ke Listrik yang dibuka oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia Arifin Tasrif bertempat di kawasan ITDC Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Kamis (1/9).

Adi Arnawa harapkan ke depan semakin banyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) disiapkan, khususnya di destinasi pariwisata.

Adi Arnawa menegaskan mendukung penuh langkah Kementerian ESDM menggalakkan program konversi sepeda motor berbahan bakar minyak menjadi sepeda motor listrik. Menurutnya, konversi motor berbahan bakar BBM ke listrik adalah upaya mewujudkan pemanfaatan energi yang ramah lingkungan.

“Ke depan kami berharap di Kabupaten Badung dapat disiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di destinasi pariwisata untuk meningkatkan branding pariwisata di Badung dan untuk menarik wisatawan,” harap Adi Arnawa.

Birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini juga berharap komunitas motor listrik di Badung atau Bali memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan motor listrik. Sebab sekaligus menjadi ajang pembuktian kepada dunia bahwa perhelatan KTT G-20 di Bali sudah didukung oleh kendaraan ramah lingkungan.

Sementara, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan parade ini merupakan upaya nyata dari pemerintah dalam mewujudkan Indonesia bebas emisi di tahun 2060. Masalah emisi merupakan hal yang menjadi perhatian pemerintah, karena emisi sangat berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan dan manusia.

Menteri ESDM Arifin Tasrif juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah melaksanakan riset dalam pembuatan motor listrik. Begitu juga kepada pemerintah daerah yang sudah merencanakan Bali menjadi provinsi yang bebas emisi beberapa tahun ke depan. “Bali terkenal sebagai provinsi pariwisata, keramahannya, keindahan alamnya dan ditambah lagi dengan udaranya yang bersahabat, bersih dan sehat. Semoga hari ini (kemarin) bisa menunjukkan kepada masyarakat yang lain untuk bersama-sama mendukung program pengurangan emisi dan capaian Provinsi Bali menuju provinsi yang bebas emisi di masa mendatang,” katanya.

Untuk diketahui, Parade Konversi Sepeda Motor BBM ke Listrik ini merupakan rangkaian acara dari kegiatan Energy Transition Working Group (ETWG) III yang sebelumnya sudah dilaksanakan di Yogyakarta dan Labuan Bajo, kemudian saat ini dilaksanakan di Bali. Terdapat 20 unit sepeda motor konversi bahan bakar minyak ke listrik dan 57 sepeda motor listrik mengikuti parade ini yang berasal dari Unit Induk Distribusi (UID) Bali PT. PLN (Persero) dan komunitas kendaraan listrik Bali.

Parade ini turut dihadiri oleh Gubernur Bali I Wayan Koster, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, Direktur Jenderal Perhubungan Darat yang diwakili oleh Direktur Sarana Transportasi Jalan Ir Danto Restyawan, Dirut PLN Pusat Darmawan Prasodjo serta Dirut Icon Plus Pusat Yuddy Setyo Wicaksono dan GM Icon Plus Bali Wahyu Setyabudi, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa. *asa

Komentar