nusabali

Tiga Jukung Terseret Ombak, 1 Hilang

  • www.nusabali.com-tiga-jukung-terseret-ombak-1-hilang

Kedua jukung dan alat tangkap rusak, kecuali mesin tempel.

AMLAPURA, NusaBali

Tiga jukung terseret ombak di Pantai Banjar Pengalon, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Karangasem, Rabu (31/8) sekitar pukul 00.30 Wita. Dua jukung berhasil ditemukan, namun kondisinya rusak. Satu jukung lainnya hilang ditelan gelombang. Akibat kehilangan jukung, I Nyoman Suarnata alis Cengeng mengalami kerugian sekitar Rp 20 juta.

Menurut Nyoman Suarnata, Selasa malam gelombang besar menyebabkan tali jukungnya terputus. Jukung itu diparkir di tepi pantai Banjar Pengalon. Ombak besar kemudian menyeret jukung dengan panjang 7 meter itu. Suarnata juga kehilangan pancing dan jaring. “Jukung itu baru setahun yang lalu saya beli. Kerugian sekitar Rp 20 juta,” ungkap Suarnata. Dua nelayan lainnya yang jukungnya terseret gelombang, I Ketut Lanus dan I Nyoman Dana tidak sampai kehilangan jukung. Namun kedua jukung dan alat tangkap rusak, kecuali mesin tempel.  

Anggota DPRD Karangasem I Wayan Tama hadir memantau situasi. “Saya turut prihatin atas nasib nelayan, selain sulit dapat ikan, modal menangkap ikan lenyap. Semoga ada nelayan lain atau ada kapal yang menemukan jukung yang hilang,” harap politisi dari Kecamatan Manggis ini. Wayan Tama berjanji memperjuangkan ke pemerintah agar dapat bantuan sarana tangkap ikan berupa jukung, pancing, dan jaring. *k16

Komentar