nusabali

Got di Kota Gianyar Tercemar

  • www.nusabali.com-got-di-kota-gianyar-tercemar

GIANYAR, NusaBali
Saluran got atau selokan di pusat Kota Gianyar berbau  karena dialiri limbah industri maupun rumah tangga.

Got-got kumuh ini pun bisa dilihat di wilayah Kelurahan Beng dan Gianyar. Parahnya pencemaran lingkungan ini sudah terjadi bertahun-tahun. Namun hingga kini belum pernah tertangani. Pencemaran lingkungan lebih parah pun kini menghantui Kota Gianyar.

Pantauan di lapangan, Selasa (30/8), pencemaran tersebut berupa limbah industri rumahan yang bercampur dengan limbah rumah tangga milik warga. Salah satu titik pencemaran mengalir di sepanjang selokan di Jalan Jata, Kecamatan Gianyar, hingga bermuara di sungai yang membelah Kota Gianyar. Akibat pencemaran tersebut air selokan berwarna hitam, hingga selokan dilapisi kerak putih yang terbawa limbah tersebut. Tidak hanya itu, bau menyengat dari limbah tercium saat melintasi wilayah ini.

Dikonfirmasi terpisah, Lurah Beng Pande Putu Ari Abriana hanya menjawab normatif terkait pencemaran tersebut. Pihaknya mengaku akan berkordinasi dengan kelihan agar tidak ada lagi warga yang membuang ke selokan. "Biar tidak lagi membuang ke selokan, sudah ada septiktank, biar dimanfaatkan septiptanknya lagi," ujarnya.  

Terkait penerapan sanksi pihaknya belum bisa berkata banyak. Sebab hal tersebut bukan ranahnya. "Kami masih pendekatan, untuk sanksinya belum ada. Mungkin untuk sanksi dari DLH," terangnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gianyar  Ni Made Mirnawati, mengatakan akan mengecek kondisi tersebut. Apa tindakan yang akan diambil DLH karena pencemaran yang terjadi sudah bertahun-tahun,  Mirna belum menjawab hal tersebut.*nvi

Komentar