nusabali

Walikota Jaya Negara dan Wawali Arya Wibawa Ikuti Rakornas dengan Mendagri soal Inflasi

  • www.nusabali.com-walikota-jaya-negara-dan-wawali-arya-wibawa-ikuti-rakornas-dengan-mendagri-soal-inflasi

DENPASAR, NusaBali
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian memimpin rapat koordinasi nasional (rakernas) mengenai upaya menekan laju inflasi.

Rakornas yang digelar secara virtual itu dihadiri Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Kepala Kantor Statistik Kota Denpasar Eman Sulaeman bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) serta OPD terkait, dari Ruang Rapat Walikota Denpasar, Selasa (30/8).

Pada kesempatan tersebut Mendagri Tito mengajak para kepala daerah untuk memprioritaskan isu kenaikan inflasi, serta kompak bersama-sama bekerja dalam menangani inflasi. Salah satunya adalah dengan mengaktifkan TPID dan mengaktifkan Satgas Pangan, agar inflasi dapat terkendali sehingga tidak sampai melonjak tinggi seperti di negara-negara lain.

Walikota Jaya Negara usai rakornas, mengatakan saat ini Pemkot Denpasar telah melakukan intervensi untuk mengendalikan harga, khususnya komoditas pangan dengan menggelar operasi pasar sejak sepekan lalu. Juga turun langsung ke pasar-pasar untuk melihat situasi di lapangan, sehingga harga-harga komoditas seperti bawang merah, cabai merah besar, cabai merah kecil mengalami penurunan.

“Pola operasi pasar yang selama ini berjalan saya sarankan agar diubah. Perumda Pasar Sewaka Dharma nantinya dapat menyuplai komoditas langsung ke pedagang, sehingga pedagang tidak dirugikan dan masyarakat konsumen mendapatkan harga yang terjangkau,” kata Walikota Jaya Negara.

Walikota Jaya Negara mengajak masyarakat Kota Denpasar tidak perlu panik terkait kenaikan inflasi ini. “Kami bersama TPID dan didukung Bank Indonesia Perwakilan Bali terus melakukan usaha agar inflasi dapat terkendali. Perlu diketahui, kenaikan inflasi ini tidak terjadi di Denpasar saja, tetapi terjadi di berbagai daerah secara nasional. Jadi saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik, karena stok barang masih mencukupi serta kita upayakan untuk menekan harga dengan melakukan operasi pasar hingga Desember nanti,” ujar Walikota Jaya Negara. *mis

Komentar