nusabali

Telur Penyu Netas Lebih Awal Rentan Kempes

  • www.nusabali.com-telur-penyu-netas-lebih-awal-rentan-kempes

SEMARAPURA, NusaBali
Musim penyu bertelur di pesisir pantai Kabupaten Klungkung berubah. Biasanya penyu bertelur pada April - September, namun tahun ini jadwal bertelurnya penyu jenis lekang itu sejak Januari.

Selain itu, kualitas telur penyu itu juga menurun yakni rentan kempes. Setidaknya, dari sekitar 1.000 telur yang ditemukan sejak awal tahun 2022, sekitar 400 butir berhasil menetas di lokasi pelestarian penyu di Pantai Watu Klotok, Desa Tojan, Kecamatan Klungkung. Biasanya dari 1.000 telur tersebut, tingkat keberhasilan menetas mencapai 700 telur.

Ketua Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok Wayan Gede Suwibawa mengaku tidak mengetahui secara pasti apa penyebab penyu-penyu tersebut bertelur jauh lebih awal. Namun dia memprediksi akibat pengaruh cuaca. “Biasanya bulan 4 - 9 bertelur, sekarang Januari sudah bertelur,” ujar Suwibawa, beberapa waktu lalu.

Hanya saja telur-telur itu memiliki kualitas yang jauh menurun. Bila biasanya telur penyu tampak bulat sempurna, telur yang keluar lebih awal itu tampak kempes dengan tingkat keberhasilan menetas yang rendah.

Kondisi kian parah ketika hujan terus turun sehingga banyak telur penyu busuk. Telur-telur penyu tersebut banyak ditemukan di sepanjang pesisir Pantai Tegal Besar, Pantai Lepang, Pantai Watu Klotok, dan Pantai Kusamba.

Dalam hal ini para pemancing memiliki peran yang besar dalam menyelamatkan telur-telur penyu tersebut dari serangan predator seperti anjing.

“Kalau pemancing menemukan telur penyu, mereka akan sampaikan ke kita. Karena banyak yang takut menyelamatkan sendiri untuk dibawa ke sini (tempat pelestarian penyu) karena khawatir nanti berurusan dengan polisi,” ujar Suwibawa. *wan

Komentar