nusabali

Rayakan Bulan Kemerdekaan, Ibis Styles Bali Denpasar Bangkitkan UMKM dan Budaya Bali

  • www.nusabali.com-rayakan-bulan-kemerdekaan-ibis-styles-bali-denpasar-bangkitkan-umkm-dan-budaya-bali
  • www.nusabali.com-rayakan-bulan-kemerdekaan-ibis-styles-bali-denpasar-bangkitkan-umkm-dan-budaya-bali
  • www.nusabali.com-rayakan-bulan-kemerdekaan-ibis-styles-bali-denpasar-bangkitkan-umkm-dan-budaya-bali

DENPASAR, NusaBali.com – Dalam rangka menyambut Bulan Kemerdekaan, Hotel Ibis Styles Bali Denpasar menggelar Bazaar UMKM sekaligus lomba Tari Bali di Jalan Teuku Umar No. 183, Dauh Puri Kauh, Denpasar Barat,  Minggu (28/8/2022).

Putu Eka Ananta Putra selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa latar belakang diadakannya kegiatan Bazaar UMKM dan lomba Tari Bali bagi anak-anak yakni berpacu pada salah satu program Accor yang bertajuk ‘A Trust For A Child’ dalam mengeksplorasi potensi generasi muda Bali, serta turut berpartisipasi membangkitkan sektor pariwisata dan perekonomian Bali secara perlahan. 

“Nanti dari lomba tari ini kami akan lihat potensi-potensi muda dari berbagai sanggar yang ada, dan akan membangun suatu kerja sama juga dengan sanggar yang ada dalam menyediakan tari penyambutan di Hotel Ibis Styles Bali Denpasar apabila suatu saat diperlukan,” ujar Eka.

Foto: Ketua Panitia Kegiatan Perayaan Bulan Kemerdekaan Hotel Ibis Styles Bali Denpasar Putu Eka Ananta Putra. –IST

Lebih lanjut Eka mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan lomba tari anak serta bazaar UMKM selain untuk mengembangkan potensi generasi muda Bali, melestarikan budaya Bali, dan membangkitkan geliat UMKM yang ada di Bali, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa Hotel Ibis Styles Bali Denpasar tetap beroperasi dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, pasca dilanda pandemi Covid-19.

 “Kami juga ingin menunjukkan bahwa terdapat hotel di pusat Kota Denpasar, yang dekat dengan lembaga pemerintahan Kota Denpasar, dan berlokasi di pusat bisnis juga, lalu lokasi menuju Bandara Ngurah Rai pun tidak terlalu jauh. Jadi lokasi Hotel Ibis Styles Bali Denpasar yang strategis ini menjadi salah satu keunggulan hotel ini,” terangnya.

Terdapat tujuh UMKM serta tujuh sanggar yang berpartisipasi dalam kegiatan bulan kemerdekaan tersebut  yakni Legenda Food, F Kids Zone, Cahya Aksesoris, Cilok Martik, Dapur Feli, Kedai Himawari dan Kini Bali, serta Cahya Patiserie.

Foto: Bazaar UMKM dalam rangka merayakan bulan kemerdekaan di Hotel Ibis Styles Bali Denpasar, Minggu (28/8/2022). –IST

Kalau untuk lomba tarinya ada total 24 peserta anak-anak perempuan yang melombakan 6 jenis tari, seperti tari Pendet, Panyembrahma, Margapati, Trunajaya, Oleg dan Condong. “Karena ini kegiatan pertama kalinya yang diadakan oleh Hotel Ibis Styles Bali Denpasar, jadi untuk kegiatan selanjutnya kami akan mengadakan lomba tari untuk anak-anak laki-laki juga,” tutur Eka.

Adapun beberapa sanggar yang turut berpartisipasi yakni Sanggar Warini, Sanggar Cilinaya, Sanggar Puri Agung Satria. 

Dan kategori Tari Pendet pemenang terbaik diraih oleh Luh Katara Putri Anira dan Luh Gede Sri Shafira Maheswari, Tari Margapati pemenang terbaik diraih oleh AA Putu Divva Karisya Putri, dan Tari Condong diraih oleh juara satu yakni Gusti Ayu Nyoman Aprilia Dewi, juara dua diraih oleh AA Putu Raka Kirana Evanjalin, juara ketiga diraih oleh Dewa Ayu Sarisha Permata Kusuma, harapan satu Ni Diah Tantri Ginanti, harapan dua Putu Nandita Putri Dinata, harapan tiga Gusti Ayu Made Cipta Dewi.

Foto: Penyerahan penghargaan kepada para peserta Tari Bali Anak-Anak kategori perempuan. -IST

Ketut Iswayana Jaya selaku founder dari Bali Bersama Community (BBC), mengatakan bahwa komunitasnya sangat senang diberi kesempatan untuk saling menjalin kerja sama yang bersifat saling menguntungkan, yakni seperti pemberian wadah atau peluang bagi UMKM yang ada untuk menawarkan produknya di perayaan bulan kemerdekaan yang diadakan Hotel Ibis Styles Bali Denpasar. 

“Komunitas kami sangat senang diberi kesempatan untuk meramaikan perayaan bulan kemerdekaan oleh Hotel Ibis Styles Bali Denpasar ini,” ucap pria yang akrab disapa Is.

Sementara itu Eka berharap di kegiatan selanjutnya Hotel Ibis Styles Bali Denpasar dapat mengadakan kegiatan yang serupa dengan melibatkan lebih banyak lagi UMKM, serta peserta lomba tari sehingga dapat memberikan peluang kepada lebih banyak masyarakat untuk mengikuti kegiatan tersebut serta berpartisipasi dalam melestarikan budaya Bali, membangkitkan sektor pariwisata dan perekonomian Bali.

Komentar