nusabali

Semester Pertama 2022, Pengunjung Kebun Raya Bali Tembus 230.000 Orang

  • www.nusabali.com-semester-pertama-2022-pengunjung-kebun-raya-bali-tembus-230000-orang

TABANAN, NusaBali
Kunjungan ke Kebun Raya Bali atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kebun Raya Bedugul di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, makin ramai.

Di semester pertama saja, dari Januari–Juli 2022 mencapai 230.000 orang. Kunjungan ini didominasi wisatawan domestik.  General Manager Kebun Raya Bali Tito Triputra, mengatakan jumlah kunjungan pada pertengahan tahun 2022 memang meningkat dibanding tahun sebelumnya. Maklum saja pada 2021 itu suasana pandemi masih dirasakan, terlebih lagi ada pembatasan jumlah kunjungan ke objek wisata. “Dari total jumlah pengunjung, banyak wisatawan domestik yang datang,” kata Triputra, Rabu (23/8).

Menurutnya wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Bali memang sebagian besar adalah wisatawan keluarga. Karena mereka selain berlibur juga berkunjung sambil menyelenggarakan acara. “Kami harapkan selama periode yang akan datang, kunjungan bisa meningkat terus,” imbuh Triputra.

Apalagi saat ini, menurut Triputra, Kebun Raya Bali telah memiliki wisata tambahan. Yakni wisata rekreasi Tour De Kebun. Program ini mengajak wisatawan untuk eduwisata. Pengunjung bisa belajar mengenai beraneka ragam tanaman koleksi yang ada di Kebun Raya.

“Dan menariknya dalam proses itu akan ditemani oleh tour guide berpengalaman. Program Tour De Kebun mulai bisa dinikmati Februari 2022 oleh wisatawan,” kata Triputra.

Dia menambahkan program Tour De Kebun dibuat untuk menambah pengetahuan pengunjung. Selama ini pengunjung yang datang ke Kebun Raya hanya melakukan kegiatan rekreasi saja, seperti berkumpul dengan keluarga, makan siang, dan berjalan-jalan menikmati atmosfer Kebun Raya yang dingin. “Jadi program Tour De Kebun Raya ini merupakan langkah awal dari pengelola untuk meningkatkan awareness para pengunjung, bahwa Kebun Raya adalah suatu kawasan wisata yang berbasis edukasi,” tutur Triputra.

Sementara dalam rangka HUT ke–77 Kemerdekaan RI, banyak wisatawan yang menyelenggarakan kegiatan lomba. Bahkan untuk merayakan kemerdekaan ini wisatawan banyak melaksanakan kegiatan gathering maupun outing.

Tidak hanya pengunjung Kebun Raya Bali yang antusias menyambut peringatan HUT ke–77 Kemerdekaan RI, begitu juga dengan karyawan Kebun Raya Bali. Untuk merayakan HUT ke–77 Kemerdekaan RI, PT Mitra Natura Raya selaku pengelola DTW Kebun Raya Bali mengadakan kegiatan employee outing.

Kegiatan employee outing ini diikuti oleh 92 karyawan Kebun Raya Bali. Diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kebersamaan serta menjaga kekompakan karyawan. Karyawan akan terlibat secara emosional yang kemudian akan merasa menjadi bagian penting dari pekerjaan, tim, dan organisasi. Selain itu juga akan timbul semangat yang tinggi serta menggambarkan rasa nasionalisme dalam memaknai hari kemerdekaan. Ke depannya diharapkan semangat ini akan dituangkan dalam pemberian pelayanan terbaik kepada pengunjung Kebun Raya Bali.

“Kami mengadakan outing tepat sebelum hari peringatan Kemerdekaan ke-77 RI. Tim manajemen berharap kegiatan outing ini dapat memupuk semangat karyawan Kebun Raya Bali, dan ke depannya dapat menjaga harmonisasi hubungan antarkaryawan, serta meningkatkan performa kinerja dalam melayani pengunjung umum,” beber Triputra. *des

Komentar