nusabali

Satlantas Polres Karangasem Kukuhkan PKS SMPN 1 Abang

  • www.nusabali.com-satlantas-polres-karangasem-kukuhkan-pks-smpn-1-abang

AMLAPURA, NusaBali
Kanit Keamanan Keselamatan Satlantas Polres Karangasem, Ipda Nova Ardini Putri, mengukuhkan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di SMPN 1 Abang, Banjar Abang Kelod, Desa/Kecamatan Abang, Karangasem, Selasa (23/8).

PKS SMPN 1 Abang beranggotan 40 siswa. Sebelum pelantikan dan pengukuhan, Ipda Nova berikan pelatihan tertib berlalulintas, pengenalan rambu-rambu lalulintas, dan praktek di lapangan.

Ipda Nova tanamkan moto sopan di rumah, sopan di jalan, dan sopan di sekolah. Sopan di jalan agar tertib berlalulintas, menyeberang pada tempatnya, tidak parkir sembarangan, dan perhatikan rambu-rambu. Sopan di jalan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas. Tugas-tugas PKS yang utama mengatur lalulintas di lingkungan sekolah, terutama menyeberangkan siswa ke sekolah maupun sepulang sekolah. Menyebarluaskan tertib berlalulintas kepada semua warga sekolah.

Para siswa diingatkan saat berbelok agar mengeluarkan isyarat dengan menyalakan lampu sein atau reting. Tujuannya, pengendara di belakang mengetahui arah dan tujuan kendaraan di depannya. Berkendara saat turun hujan lebat harus hati-hati, selain wajib menyalakan lampu juga meningkatkan kewaspadaan. Sebab kendaraan yang parkir di jalan sering tidak terlihat karena terhalang hujan.

Kasek SMPN 1 Abang I Gusti Bagus Putra mengapresiasi arahan Polres Karangasem tentang tertib berlalulintas. Pembentukan PKS sebagai upaya menanamkan kesadaran hukum dan peraturan-peraturan lalulintas kepada siswa. “Harapan kami menjadi generasi yang disiplin dan sopan santun berlalulintas,” ungkap Gusti Bagus Putra. Berkendara di jalan wajib memahami rambu-rambu lalulintas. Misalnya jika menemukan adanya garis putih putus-putus di tengah jalan, artinya boleh mendahului. *k16

Komentar