nusabali

Anjing Pelacak Periksa Barang Bawaan Penumpang

  • www.nusabali.com-anjing-pelacak-periksa-barang-bawaan-penumpang

Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai hanya buka pintu depan untuk memudahkan pemeriksaan keluar masuk penumpang.

AMLAPURA, NusaBali

Anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai, Karangasem meningkatkan kewaspadaan di Pelabuhan Padangbai, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem. Pemeriksaan barang bawaan penumpang dan kendaraan menggunakan metal detector dan anjing pelacak. Buat sementara belum ada temuan barang-barang ilegal yang diselundupkan masuk Pelabuhan Padangbai.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Kompol Made Suadnyana mengatakan, semua barang bawaan penumpang diperiksa dengan metal detector dan anjing pelacak. Kendaraan yang baru turun dari kapal diperiksa. Bagasi kendaraan kecil dibuka dan truk diperiksa dengan metal detector dengan menempatkan alat pantau di bawah. Kompol Made Suadnyana mengakui, anjing pelacak hanya maksimal dimanfaatkan untuk pemeriksaan selama dua jam, lebih dari itu anjing pelacak kelelahan. “Sementara belum ada temuan barang-barang ilegal yang diselundupkan masuk Pelabuhan Padangbai,” ungkap Kompol Made Suadnyana.

Anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai saat melakukan pemeriksaan didampingi petugas Pawas Iptu I Nengah Kardin, Aiptu Dewa Gede Dalem, Aiptu Made Suberata, Aiptu I Komang Suparta, dan anggota dari Polairud Polres Karangasem dan anggota K9 Polda Bali. “Anggota berbagi tugas, ada yang periksa barang bawaan penumpang dengan anjing pelacak dan metal detector, ada yang memeriksa surat-surat kendaraan bermotor,” jelas Kompol Made Suadnyana. Memudahkan kinerja anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai tetap memberlakukan satu pintu. Hanya membuka pintu depan untuk memudahkan pemeriksaan keluar masuk penumpang.

Sementara tinggi gelombang di Selat Lombok terutama di bagian selatan hingga mencapai 4 meter. Sebanyak 25 kapal yang dioperasikan tetap lancar berlayar. Kepala Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai Ni Luh Putu Eka Suyasmin mengatakan, sesuai ramalan BMKG, cuaca Selat Lombok bagian selatan dengan embusan angin 6-15 knot per jam dengan tinggi gelombang 2,5-4,0 meter, langit cerah berawan. Selat Lombok bagian utara, hembusan angin 4-20 knot per jam dan gelombang 1,25 -2,5 meter. *k16

Komentar