nusabali

Warga Nyamsat Sambil Cek Gula Darah

  • www.nusabali.com-warga-nyamsat-sambil-cek-gula-darah

GIANYAR, NusaBali
Puluhan wajib pajak samsat (sistem administrasi satu atap) kendaraan bermotor antri untuk bayar pajak sambil melakukan cek gula darah, di UPDT Samsat Gianyar, Senin (22/8).

Cek ini menyatu pemeriksan kolesterol dan asam urat. Kepala UPTD Samsat Gianyar I Gusti Made Semarajaya mengatakan layanan kesehatan gratis ini memang disediakan khusus menjelang berakhirnya masa pemutihan bunga dan denda pembayaran pajak kendaraan bermotor, 31 Agustus 2022. Dikatakannya, cek kesehatan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap masyarakat yang taat menunaikan kewajibannya. "Jadi sisa waktu beberapa hari ini, kami bersinergi dengan Jasa Raharja menyediakan pemeriksaan kesehatan," jelasnya.

Pos pemeriksaan kesehatan ini disiapkan khusus di parkir timur kantor UPTD Samsat Gianyar. Di bawah tenda BNPB, tim medis siaga melayani wajib pajak saat menunggu antrian pada gerai Samsat Keliling. "Samsat keliling kita arahkan ke sini agar lebih efisien. Juga untuk memecah kerumunan di kantor. Khusus yang perpanjangan bisa lebih cepat di Samsat keliling," jelasnya.

Pemeriksaan kesehatan yang dilayani oleh petugas klinik ini rencananya digelar sebanyak 3 kali dengan waktu tentatif. "Hari ini perdana, kita akan atur untuk dua kali pemeriksaan lagi," jelasnya didampingi petugas Jasa Raharja Cokorda Wisnu Rendy.

Dari puluhan wajib pajak yang melakukan pemeriksaan, belum ada temuan sakit yang signifikan. "Sifatnya skrining saja, secara umum kondisi mereka baik," ujarnya. Namun demikian, tim medis menyiagakan beberapa obat-obatan yang sesuai dengan kondisi wajib pajak. Termasuk memberikan vitamin atau suplemen makanan.

Salah satu wajib pajak, Eri Satya,23, mengatakan cukup terbantu dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini. Pemuda asal Ubud ini mengaku sering abai melakukan pengecekan kesehatan karena merasa masih muda. "Sebelumnya gak pernah cek ini itu. Karena merasa sehat-sehat saja. Di sini, mumpung gratis, saya jadi sedikit aware terhadap kesehatan. Tadi saya cek gula darah, asam urat dan kolesterol. Astungkara masih sehat," jelasnya. *nvi

Komentar