nusabali

PSSI Sanksi Tegas Wasit Bermasalah

  • www.nusabali.com-pssi-sanksi-tegas-wasit-bermasalah

JAKARTA, NusaBali
PSSI melalui Komite Wasit siap memberikan sanksi tegas kepada wasit yang bermasalah di BRI Liga 1 2022/2023.

Sanksi yang diberikan berupa hukuman pembinaan khusus tanpa tugas. Sejumlah insiden yang melibatkan kekeliruan wasit terjadi dalam banyak pertandingan dalam pekan kelima Kompetisi Liga 1. PSSI mengambil langkah tegas terhadap wasit yang melakukan kesalahan saat memimpin laga BRI Liga 1. Sanksi tidak hanya kepada wasit, melainkan juga additional assistant referee, dan asisten wasit.

"PSSI berharap seluruh perangkat pertandingan menjalankan tugas sesuai Law of The Game (LOTG). Setiap wasit yang menjalankan tugas dengan baik pasti ada award, namun bila tidak menjalankan tugas dengan baik akan ada pembinaan tanpa tugas" kata Ketua Komite Wasit PSSI, Ahmad Riyadh.

Ahmad Riyadh juga memperingatkan kepada wasit yang belum pernah mendapatkan pembinaan khusus tanpa tugas. Menurut Ahmad Riyadh mereka harus berhati-hati menjalankan tugas di Liga 1 dan tetap fokus sesuai LOTG.

Sementara bagi wasit yang sedang menjalani sanksi tanpa tugas tetap akan dibina. Harapannya agar mentalnya lebih baik saat memimpin laga sehingga tak mengulangi kesalahan di BRI Liga 1.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares sering mengkritik kinerja wasit di Liga 1. Pelatih asal Portugal itu tak puas dengan kiner wasit Heru Cahyono yang memimpin laga PSM melawan Arema FC (20/8).

"Wasit lebih mudah memberikan kartu kuning kepada pelatih daripada pelanggaran yang terjadi berulang kali di lapangan oleh pemain Arema FC. Pertama kali dalam karier dapat kartu atau apapun dari wasit," ucap Bernardo Tavares. *

Komentar