nusabali

Undiksha Kampanyekan Program MBKM

  • www.nusabali.com-undiksha-kampanyekan-program-mbkm

SINGARAJA, NusaBali
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaunching oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sejak tahun 2020 yang lalu, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat meningkatkan kompetensi di luar program studinya selama 3 semester.

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menyambut program tersebut. Ajakan kepada mahasiswa terus digalakkan, termasuk mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha Dr Gede Rasben Dantes ST MTI saat menjadi narasumber dalam masa Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Undiksha, Selasa (16/8/2022).

Ia menegaskan, merdeka belajar dalam hal ini bukan berarti mahasiswa bebas belajar apa saja, melainkan mahasiswa bisa belajar sesuatu yang benar-benar ingin dipelajari untuk dapat meningkatkan kompetensi utama yang didapatkan di Universitas asalnya. Dalam hal ini, Undiksha sebagai salah satu perguruan tinggi, memiliki peran menjadi jembatan bagi mahasiswa untuk dapat mengantarkan menuju gerbang kesuksesan, baik dengan cara meningkatkan kompetensi yang dimiliki mahasiswa maupun membangun softskill agar mampu menghadapi berbagai tantangan kedepan. “Filosofi menjadi jembatan itu adalah Undiksha harus benar-benar mengantarkan mahasiswa ke gerbang kesuksesan,” ungkapnya.

Selain program MBKM, dalam kesempatan ini juga disampaikan berbagai program akademik yang telah dirancang oleh Undiksha. Diantaranya adalah program internasional yang bertujuan untuk memberikan Internasional experience kepada mahasiswa melalui beberapa program yang telah berjalan yaitu, Fast Track Program yang telah bekerjasama dengan sejumlah universitas di luar negeri. Selain itu juga, Undiksha memiliki program double degree bagi mahasiswa.

Disampaikan lebih lanjut, pada bulan September 2022 ini, Undiksha akan mengadakan kursus Bahasa Prancis untuk mempersiapkan mahasiswa menguasai bahasa asing dan memberikan kesempatan untuk mengambil beberapa program yang ada di luar, student exchange, dan lain sebagainya. Diharapkan kedepan, program yang telah dirancang ini bisa dilakukan dengan baik dan Undiksha bisa menjadi Internasional Environment. “Mudah-mudahan ini bisa kita lakukan dengan baik. Kita juga ingin membawa Internasional Environment ke Universitas ini melalui berbagai kegiatan yang kita miliki,” terangnya.*

Komentar