nusabali

Lansia Bali Rayakan HUT RI Bertajuk 'Agustus Ceria'

  • www.nusabali.com-lansia-bali-rayakan-hut-ri-bertajuk-agustus-ceria

DENPASAR, NusaBali
Yayasan Wreda Sejahtera (YWS) Bali merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan menggelar kegiatan bertajuk ‘Agustus Ceria’, di wantilan DPRD Bali, Niti Mandala, Denpasar, Minggu (21/8) pagi.

Acara ini sebagai bentuk ungkapan para warga lanjut usia yang memiliki semangat muda dan keceriaan di masa tua, guna mewujudkan lanjut usia yang berguna, bahagia, dan sejahtera.

YWS Bali dalam kegiatan ini menggandeng Suryani Institute for Mental Health (SIMH), Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa (PDSKJI) Bali, Kelompok Meditasi Suryani, dan Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia (PDKI).

Selain dihadiri sekitar 500-an perwakilan anggota YWS dari seluruh kabupaten/kota di Bali, kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kadinsos P3A) Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra yang mewakili Gubernur Bali, dan Ketua Komisi III DPRD Bali AA Ngurah Adhi Ardhana.

Gubernur Bali Wayan Koster dalam sambutan yang dibacakan Dewa Mahendra, mengatakan adalah sebuah keniscayaan bagi setiap orang menjadi lanjut usia. Namun demikian tidak sedikit lansia yang masih bisa berpartisipasi dalam pembangunan. ”Mereka memberikan fighting spirit kepada generasi muda kita,” ujar Gubernur.

Gubernur juga menyebut masa lanjut usia merupakan hasil investasi di masa muda dengan perilaku hidup sehat dan bahagia, yang dapat mengantarkan menjadi generasi lanjut usia yang potensial.

Oleh karena itu, kata Gubernur, dua tugas utama generasi muda yakni untuk mempersiapkan diri memasuki masa lanjut usia dengan menerapkan pola hidup yang baik. Di sisi lain generasi muda juga harus menghormati para lanjut usia dengan membantu para lansia dengan segala kondisi dan keadaan.

Menghormati orang tua, kata Gubernur, merupakan budaya bangsa dan bentuk penghormatan terhadap apa yang sudah dilakukan para lansia sebelumnya kepada keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Ketua YWS Bali Prof Dr Luh Ketut Suryani SpKJ, mengungkapkan ‘Agustus Ceria’ adalah suatu acara yang memberikan kesempatan untuk para lanjut usia menunjukkan kreasi mereka dalam seni dan budaya.

Dalam kesempatan tersebut anggota YWS Bali Cabang Jembrana, Cabang Buleleng, Cabang Tabanan, Cabang Denpasar, Cabang Karangasem, dan Ranting Pancasari, mempertunjukkan atraksi seni yang mengundang gemuruh para penonton. *cr78

Komentar