nusabali

Aksi Spontanitas Giri Prasta, Lihat Bocah Berenang Malah Adakan Lomba Berhadiah Rp 1 Juta

  • www.nusabali.com-aksi-spontanitas-giri-prasta-lihat-bocah-berenang-malah-adakan-lomba-berhadiah-rp-1-juta

MANGUPURA, NusaBali.com – Lima siswa SD yang sedang berlatih renang di Gelanggang Renang Tirtha Yasa di Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal tidak menyangka akan ditemui langsung Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan diberi hadiah usai ditantang lomba renang, Minggu (21/8/2022).

Kejadian menarik itu terjadi ketika I Nyoman Giri Prasta, 50, pamit dari acara Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi yang diadakan di wantilan dari area gelanggang renang tersebut. Lima siswa yang tengah asyik dilatih berenang oleh guru mereka dikejutkan dengan aksi spontan orang nomor satu di Kabupaten Badung itu.

“Oh lagi latihan renang?” tanya Giri Prasta kepada lima orang anak yang tengah basah kuyup di kolam renang yang ia lewati menuju pintu keluar.

“Bisa enggak renang dari sini (sisi start) sampai ke sana (sisi finish)?” tanya sang Bupati lagi. “Bisa!” jawab lima bocah itu kepada orang yang mungkin mereka tidak kenal itu siapa.

Kemudian sang Bupati menjanjikan hadiah uang senilai Rp 1 juta  bagi orang pertama yang sampai ke sisi finish. Kata-kata dari mantan Ketua DPRD Kabupaten Badung itu pun dijawab antusias oleh lima perenang cilik.

“Oke, Bapak tunggu di sebelah sana ya,” kata Giri Prasta sambil berlari ke sisi finish dari kolam renang tersebut. Orangtua yang mendampingi anak-anak mereka berlatih renang pun penuh semangat mengarahkan anak mereka agar bersiap.

“Lima, empat, tiga, dua, satu, go!” aba-aba Giri Prasta memimpin calon penerus olahraga renang Kabupaten Badung itu untuk mulai berenang menuju arahnya.

Nampak orangtua mereka menjadi pendukung dan beberapa delegasi bupati termasuk anggota DPRD Kabupaten Badung asal Kecamatan Abiansemal meramaikan lomba renang dadakan itu.

Akhirnya, siswa SD berusia 11 tahun bernama Komang Edi Putra Simpangan berhasil menjadi yang pertama menyentuh bibir kolam di mana sang Bupati Badung berada. Siswa dari SD No. 2 Sedang tersebut pun dihadiahkan segepok uang berjumlah sepuluh lembar Rp 100.000.

Giri Prasta pun tetap memberikan hadiah bagi yang belum berhasil menjadi jawara, masing-masing selembar Rp 100.000, sembari berpesan agar mereka rajin berlatih agar bisa menjadi wakil Kabupaten Badung di masa depan.

Komang Edi mengaku sangat senang mendapat segepok uang dari Bupati Badung yang ia terima. Bocah yang sudah suka berenang sejak berusia 5 tahun tersebut merasa semakin bersemangat untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) tingkat SD se-Kecamatan Abiansemal yang akan diselenggarakan menjelang akhir tahun ini.

“Senang. Makin semangat dan ingin dapat juara satu di Porjar nanti,” kata Komang Edi sembari menggigil kedinginan.

Sang ayah, Ketut Mudiasa, 52, sekaligus sang pelatih renang bagi kelima bocah itu mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Giri Prasta yang ia nilai sangat memerhatikan olahraga dari tahap pembibitan hingga pembinaan atlet yang sudah ada di Kabupaten Badung.

Kata sang pelatih yang juga guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) ini, dirinya hanya mengajak anak-anak tersebut berlatih santai agar mereka menyukai berenang dan melihat bakat mereka sebelum diteruskan ke klub renang.

Sementara itu, menurut Mudiasa, putranya, Komang Edi, sudah dibiasakan dengan olahraga renang sejak dini dan pada tahun 2019, putranya berhasil meraih juara 2 di cabang olahraga renang di Porjar Kecamatan Abiansemal. *rat

Komentar