nusabali

Tercatat Ada 139 Veteran di Bangli

  • www.nusabali.com-tercatat-ada-139-veteran-di-bangli

BANGLI, NusaBali
Jumlah veteran di Kabupaten Bangli saat ini masih 139 orang. Sebagian besar veteran berasal dari Kecamatan Susut.

Veteran terbagi menjadi empat yakni veteran kemerdekaan, veteran pembela kemerdekaan yang terbagi lagi dalam Trikora, Dwikora, Seroja, veteran perdamaian, dan veteran anumerta. Sepeninggal Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Cabang Bangli, AA Gde Bagus Ardana, posisi ketua masih diisi pejabat sementara (Pjs).

Pjs Ketua LVRI Bangli, I Wayan Suara, 67, mengatakan dari 139 orang, 3 di antaranya merupakan veteran perdamaian. Wayan Suara menerima tanda kehormatan sebagai veteran setelah ikut operasi Seroja. Ayah tiga anak ini selama 10 tahun bertugas di Timor Timur atau Timor Leste. “Ketika itu saya berdinas di Batalyon Infanteri 743/Pradnya Samapta Yudha bermarkas di Kupang. Kemudian saya ditugaskan dalam operasi Timor Timur,” ungkap Wayan Suara, Senin (15/8).

Pada momen HUT ke-77 RI, ayah tiga anak ini berharap para generasi dapat mengisi kemerdekaan dengan baik. “Semangat 45 harus tertanam dalam diri, selain itu peting rasa kesetiakawanan, dan jiwa pemberani demi kepentingan bangsa,” ujar Wayan Suara. *esa

Komentar