nusabali

Mai Melali #5 Meriahkan HUT Kemerdekaan dan Kebangkitan dari Pandemi

  • www.nusabali.com-mai-melali-5-meriahkan-hut-kemerdekaan-dan-kebangkitan-dari-pandemi

DENPASAR, NusaBali.com – InfoDensel, akun media sosial (medsos) resmi Kecamatan Denpasar Selatan menggelar peringatan hari jadi yang kelima bertajuk ‘Mai Melali #5,’ sekaligus memeriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Taman Inspirasi Muntig Siokan, Jumat (19/8/2022).

Unit medsos yang digagas untuk menyebarkan berita dan potensi lokal dari wilayah Denpasar Selatan tersebut dibentuk pada tahun 2017 oleh para staf milenial Pemerintahan Denpasar Selatan, untuk menyongsong program Pekenan Lais Meseluk dari Pemerintah Kota Denpasar.

“Kami terbentuk itu berawal dari Pekenan Lais Meseluk yang diadakan secara bergilir di masing-masing desa dan kelurahan, istilahnya seperti road show itu,” kata AA Ngurah Agus Sudarmawan, 36, Ketua Panitia Mai Melali #5 saat ditemui di sela-sela memantau kegiatan.

Setelah program itu dihentikan, para staf milenial tersebut memutuskan membuat gebrakan berupa program pengganti yang memiliki visi serupa, yakni memperkenalkan potensi-potensi wilayah, utamanya UMKM, sehingga geliat perekonomian pasca pandemi kembali pulih.

Tahun ini, acara yang dihelat di kawasan Pantai Mertasari, Desa Sanur Kauh tersebut diikuti oleh 37 tenant UMKM yang memamerkan potensi seperti kerajinan, mode, pertanian, hingga kuliner yang didominasi pelaku usaha di Denpasar Selatan termasuk pelaku usaha penyandang disabilitas.

“UMKM ini kami fokuskan, rata-rata dari Denpasar Selatan, termasuk di sini ada pelaku usaha penyandang disabilitas yang berjualan dupa,” ujar pemuda yang juga Staf Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Denpasar Selatan.

Selain itu, lanjut Sudarmawan, sebagai tuan rumah acara Mai Melali #5, setiap dusun yang ada di Desa Sanur Kauh diberikan hak istimewa, yaitu disediakan stand untuk diisi oleh potensi UMKM yang ada di masing-masing dusun di desa tersebut.

Di luar visi mendukung potensi UMKM, acara tersebut juga menyemarakkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI dengan menyediakan wadah unjuk gigi bagi sumber daya manusia Denpasar Selatan yang berasal berbagai kalangan usia dalam bentuk lomba, seperti lomba mewarnai tingkat TK dan lomba nyurat aksara Bali media lontar tingkat remaja.

Sedangkan untuk kalangan dewasa, terdapat lomba masatua Bali untuk bapak-bapak dari perwakilan masing-masing desa adat, lomba memasak ayam betutu untuk tim penggerak (TP) PKK, dan lomba tarik tambang yang diikuti unsur pemerintahan dari masing-masing desa dan kelurahan se-Kecamatan Denpasar Selatan.

Selain perlombaan tersebut, di awal rentetan kegiatan sempat digelar acara jalan santai pada pukul 06.00 Wita, dengan jalur melalui perkampungan kumuh dan miskin. Pemilihan jalur seperti itu, menurut Sudarmawan, dilakukan untuk memberikan pesan kepada masyarakat bahwa hal-hal semacam itu masih ada di Denpasar dan perlu dibenahi bersama.

Kegiatan jalan santai yang dilanjutkan dengan pelepasan tukik itu sekaligus menjadi pembukaan secara resmi kegiatan Mai Melali #5 oleh Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, 56, dan Wakil Wali Kota, I Kadek Agus Arya Wibawa, 46, yang turut menghadiri dua rentetan kegiatan tersebut.

Sementara itu, Camat Denpasar Selatan, I Made Sumarsana, 57, menyambut baik bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut didukung oleh kehadiran masyarakat yang selama dua tahun terbelenggu pandemi Covid-19.

Terlebih lagi, lanjut Sumarsana, kegiatan yang berlangsung mulai Jumat (19/8/2022) hingga Sabtu (20/8/2022) tersebut memberikan tempat bagi pelaku UMKM untuk bangkit kembali pasca pandemi yang sangat memengaruhi kecamatan pariwisata itu.

“Harapan saya, ke depan agar lebih baik penyelenggaraan kegiatan ini dan partisipasi masyarakat lebih banyak lagi sehingga bisa dilibatkan seluruh lapisan masyarakat,” harap camat dari Kelurahan Sesetan yang gemar olahraga ini.

Selain itu, Sudarmawan selaku ketua panitia juga berharap orang-orang di balik layar Mai Melali #5 mampu menjadi tim yang solid demi mencapai satu visi yakni Kecamatan Denpasar Selatan yang lebih baik.

Sabtu (20/8/2022) pemberlakuan bebas biaya masuk seperti hari Jumat (19/8/2022), masih akan berlaku hingga pukul 16.00 Wita. Setelah periode waktu tersebut, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000 untuk menonton bintang tamu seperti Lolot Band, Joni Agung & Double T, dan beberapa pengisi acara lainnya. *rat 

Komentar