nusabali

Harga Telur di Pasaran Meroket

  • www.nusabali.com-harga-telur-di-pasaran-meroket

JAKARTA, NusaBali
Harga telur di pasaran sudah menyentuh angka Rp 30.000 per kilogram (kg) di pasaran sejak sepekan lalu.

Presiden Peternak Layer Indonesia Ki Musbar Mesdi mengatakan naiknya harga telur saat ini sebagian besar memang dipengaruhi oleh permintaan atas telur yang naik karena serapan bantuan sosial. "Saat ini harga telur di tingkat peternak saja Rp 27.000 per kg-Rp 29.000 per kg," terang Musbar, seperti dilansir kontan.co.id, Kamis (18/8)

Meski demikian Musbar tidak dapat memastikan berapa banyak jumlah pasti telur yang terserap untuk mendukung program bansos pemerintah. Adanya program bansos tentu mendorong Peternak untuk meningkatkan produksi telur. Namun Musbar mengatakan produksi telur masih belum normal karena efek pandemi 2 tahun terakhir.

Musbar menerangkan, selama pandemi Covid-19, harga telur jatuh di bawah rata-rata karena turunya permintaan pada telur.

Seperti yang kita tahu pada pandemi pemerintah banyak membatasi aktivitas masyarakat, oleh karenanya banyak kebutuhan catering, hotel hingga restoran yang biasanya menyerap telur berkurang drastis.

Pada masa itu pula, peternak mengalami kerugian berlipat ganda karena permintaan kurang. Sementara, harga pakan ayam terus naik. Untuk menjaga keseimbangan permintan dan produksi telur, peternak harus mengurangi populasi bibit ayam hingga 30 persen.

"Untuk memulihkan populasi (ayam) yang 30% itu perlu waktu, diprediksi produksi telur baru kembali pulih pada Oktober-Desember 2022 nanti," jelas Musbar. " ucap Musbar.

"Peternak juga tidak melakukan peremajaan (bibit ayam) waktu pandemi sampai triwulan I 2022. Makanya waktu itu anak ayam harganya jatuh, sampai Rp 1.000 per ekor-Rp 2.000 per ekor," kata Musbar.

Maka dari itu untuk, untuk mencukupi permintaan pasar, saat ini peternak masih mencari keseimbangan baru. *

Komentar