nusabali

DLH Bangli Bangun 6 TPS3R

  • www.nusabali.com-dlh-bangli-bangun-6-tps3r

BANGLI, NusaBali
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli pada tahun 2022 ini membangun 6 tempat pengolahan sampah reduce reuse recycle (TPS3R) di Kecamatan Kintamani dan Kecamatan Bangli.

Setiap unit TPS3R dengan anggaran Rp 600 juta. Pembangunan dengan sistem swakelola. Pembangunan TPS3R untuk mengelola dan mengolah sampah di masing-masing desa.

Kadis Lingkungan Hidup (DLH) Bangli, Putu Ganda Wijaya, mengatakan TPS3R sangat membantu penanganan sampah di Bangli. Berdasarkan evaluasi, ada penurunan sampah yang dikelola di TPA. “Dengan adanya TPS3R, ada penurunan sampah yang dikirim ke TPA sebesar dua persen,” ungkap Putu Ganda, Kamis (18/8). Tahun ini ada rencana membangun 6 unit TPS3R. Masing-masing di Desa Dausa, Desa Belancan, Desa Awan, Desa Selulung, dan Desa Ulian Kecamatan Kintamanidan Desa Pengotan Kecamatan Bangli.

Putu Ganda menyebutkan, pembangunan TPS3R dengan anggaran Rp 600 juta per unit. Pembangunan dengan sistem swakelola. “Sumber dana ada dari DAK dan dana reguler. Pengerjaan sampai akhir tahun ini,” jelas Putu Ganda. Dana Rp 600 juta diperuntukkan untuk bangunan dan fasilitas pendukung operasional TPS3R. Desa Tiga, Kecamatan Susut telah mengoperasionalkan TPS3R. TPS3R di Desa Tiga diresmikan pada Februari 2022 lalu. Dalam upaya penanganan sampah, Desa Tiga membentuk kader lingkungan. *esa

Komentar