nusabali

Dekorasi Ramah Lingkungan Makin Diminati

  • www.nusabali.com-dekorasi-ramah-lingkungan-makin-diminati

GIANYAR, NusaBali
Dekorasi pada saat mayadnya (berupacara) seperti menikah, potong gigi, atau kegiatan  lain, kini lebih banyak menggunakan dekorasi ramah lingkungan, dengan anyaman janur dan sejenis.

Dekorasi ramah lingkungan juga memberikan kesan ruang lebih hidup dan dekat dengan alam. Salah seorang pekerja dekor ramah lingkungan, Kayon Mas Dekorasi dikomandani Pande Putu Mertayasa asal Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Saat perayaan 17 Agustus 2022, dekor ramah lingkungan dipercayakan kepada dirinya untuk membuat dekoran dalam sehari semalam. "Pengerjaan terbilang sangat singkat, satu hari satu malam dan astungkara selesai tepat waktu," jelas Pande Mertayasa, Kamis (18/8).

Walau demikian, karena pekerjaan terbilang besar dan akan dinikmati pejabat teras di Gianyar, maka empat rekanan dekorasi lain diajak bergabung menyelesaikan dekorasi di Balai Budaya Gianyar. "Kami sangat senang, puas dekor yang kami tampilkan digunakan sebagai tempat swaphoto pejabat. Sekalian promosi dekor ramah lingkungan," ujar Pande bangga.

Dia mengawali sewa dekor sejak tahun 2010. Waktu itu, dekor masih sederhana dan lebih banyak dekor dengan hiasan kain dan lampu aneka warna. "Sejak tahun 2018, saya mulai beralih ke dekorasi ramah lingkungan, itu sejak aturan pengurangan sampah plastik dan pengenaan berbahan ramah lingkungan," tuturnya. Di awal-awal diakui tidak banyak yang melirik dekor ramah lingkungan, dan akhirnya karena semakin meningkatkan kualitas dekor akhirnya pesanan mulai meningkat.

Harga dekor pernikahan ditarif Rp 10 juta, berupa dekor depan, tempat foto, dan hiasan meja prasmanan. Dekor pernikahan diselesaikan dalam waktu 2 hari 2 malam bersama lima orang lainnya. "Kami terbiasa menyelesaikan pekerjaan dengan begadang sampai pagi, karena ini risiko pekerjaan," jelas Pande.

Setelah menghias dekor Balai Budaya untuk perayaan 17 Agustusan, ada dua pesanan dekor pernikahan. "Astungkara, tiap bulannya ada pesanan satu atau dua dekor pernikahan," ucapnya senang. Disebutnya, hari baik pernikahan bersamaan, sehingga kalau ada pesanan, akan meminta bantuan usaha dekor lain. Untuk bahan-bahan dekor diambil di Desa Semana, Badung. *nvi

Komentar