nusabali

Bersihkan Kolam, Buruh Tewas Tersengat Listrik

  • www.nusabali.com-bersihkan-kolam-buruh-tewas-tersengat-listrik

MANGUPURA, NusaBali
Seorang buruh harian bernama Syakur, 53, ditemukan tewas saat melakukan pembersihan area kolam renang di salah satu rumah yang terletak di Perumahan Puri Gading, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung pada Kamis (18/8) siang.

Tewasnya pekerja asal Jember, Jawa Timur ini dikarenakan tersengat arus listrik saat masuk ke dalam ruangan sirkulasi kolam. Untuk mengeluarkan jenazah korban, petugas Basarnas Denpasar dikerahkan ke lokasi.

Kepala Seksi Operasi SAR dan Kesiapsiagaan Basarnas, Anak Agung Alit Supartana menerangkan, laporan adanya buruh yang tersengat listrik itu masuk di pihaknya pada Kamis pukul 12.25 Wita. Dalam laporan dari masyarakat Lingkungan Puri Gading tepatnya lokasi kejadian di Sektor Bunga. Atas laporan itu, tim langsung bergerak ke lokasi dengan peralatan lengkap. "Kejadian pastinya diperkirakan pukul 12.00 Wita. Namun, baru dilaporkan 25 menit kemudian. Warga yang melihat korban tidak berani melakukan evakuasi, karena ada genangan air sekitar dan diduga masih ada arus listrik," terangnya, Kamis sore.

Ada 12 personel yang dikerahkan ke lokasi untuk evakuasi. Setibanya di lokasi tim berkoordinasi dengan kepala lingkungan dan pemilik untuk melihat kondisi sekitar. Pasalnya, korban tersengat arus listrik saat berada di dalam ventilasi atau ruangan sirkulasi yang berbatasan dengan kolam yang hanya memiliki lebar berdiameter 50 Cm x 50 Cm.

Kondisi di tempat korban tersengat listrik juga masih ada genangan air, sehingga dikhawatirkan masih ada arus listrik di sana. "Kondisi lokasi kejadian itu sangat sempit. Jadi, tim mengerahkan satu petugas ke dalam untuk mengangkat jenazah korban," imbuhnya.

Meski kondisi lokasi yang terbilang cukup sempit, petugas yang dikerahkan dengan peralatan lengkap itu tidak membutuhkan waktu lama untuk proses evakuasi. Sehingga, pada pukul 13.45 Wita, korban berhasil dievakuasi. Selanjutnya jenazah dibawa ke RS Sanglah dengan menggunakan ambulance Puri Gading. Tim SAR gabungan yang terlibat diantaranya dari Basarnas, Polsek Kita Selatan, Babinkamtibmas Desa Jimbaran, Babinsa Desa Jimbaran, Kepala Lingkungan Buana Kubu dan Desa Jimbaran. "Proses evakuasi kurang lebih satu jam setelah tim turun. Jenazah langsung dievakuasi ke RS Sanglah," ungkapnya

Ihwal penyebab tewasnya buruh harian itu, Supartana mengaku kalau dari keterangan sejumlah warga termasuk pemilik kolam karena tersengat arus listrik. Kejadian bermula ketika Syakur bekerja membersihkan kolam renang, namun nahas, buruh tersebut tiba-tiba tersengat aliran listrik saat di ruang sirkulasi berbatasan kolam renang. Saat kejadian, korban sempat berteriak minta tolong, namun ketika mendekati dan melihat kondisinya ternyata sudah terbujur kaku. "Dugaan penyebab karena tersengat arus listrik," pungkasnya. *dar

Komentar