nusabali

IPB Internasional Resmikan Pojok Statistik, Permudah Mahasiswa dan Civitas Akademika Peroleh Data Statistik

  • www.nusabali.com-ipb-internasional-resmikan-pojok-statistik-permudah-mahasiswa-dan-civitas-akademika-peroleh-data-statistik
  • www.nusabali.com-ipb-internasional-resmikan-pojok-statistik-permudah-mahasiswa-dan-civitas-akademika-peroleh-data-statistik
  • www.nusabali.com-ipb-internasional-resmikan-pojok-statistik-permudah-mahasiswa-dan-civitas-akademika-peroleh-data-statistik
  • www.nusabali.com-ipb-internasional-resmikan-pojok-statistik-permudah-mahasiswa-dan-civitas-akademika-peroleh-data-statistik

DENPASAR, NusaBali.com – Lengkapi fasilitas mahasiswa, Kampus Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPB I) Bali bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik Provinsi Bali resmikan ‘Pojok Statistik’, Kamis (18/8/22).

Kegiatan peresmian Pojok Statistik yang menempati ruang perpustakaan Kampus IPB I Bali tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan Dharma Widya Ulangun Dr Nyoman Gede Astina Mpd CHT CHA, Rektor IPB I Bali Dr Made Sudjana SE MM CHT CHA, serta Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bali Hanif Yahya SSi MSi.

“Kami selalu berupaya untuk memberikan fasilitas yang terbaik bagi para mahasiswa maupun civitas akademika yang ada di Kampus IPB I Bali, salah satunya yakni meresmikan Pojok Statistik ini,” ujar Nyoman Gede Astina. 

Ia pun mengatakan bahwa keberadaan Pojok Statistik dalam sebuah lembaga pendidikan, dalam hal ini perguruan tinggi sangatlah penting guna menunjang serta membantu mahasiswa maupun dosen dalam memperoleh data statistik untuk keperluan penelitian ilmiah. “Selain itu di Pojok Statistik ini mahasiswa juga bisa berdiskusi dan berkonsultasi terkait data dan statistik, yang tentunya berkaitan sangat erat terhadap keberadaan pariwisata dan bisnis yang ada di Bali,” jelas Nyoman Gede Astina.

Sementara itu Hanif Yahya juga turut mengungkapkan rasa suka citanya yang bekerja sama dalam menyediakan Pojok Statistik untuk Kampus IPB I Bali. “Kampus IPB I Bali merupakan perguruan tinggi ketiga di Bali yang telah tersedia fasilitas Pojok Statistik, kampus lainnya yakni ITEKES (Institut Teknologi dan Kesehatan) Bali, dan PIB (Politeknik Internasional Bali),” terangnya. 

Lebih lanjut Hanif Yahya dalam kesempatannya menuturkan bahwa program Pojok Statistik telah digencarkan sejak akhir tahun 2021 dan untuk ke depannya akan menargetkan kampus-kampus lainnya yang ada di Bali. 

“Apalagi Kampus IPB I Bali yang berkonsentrasi pada sektor Pariwisata dan Bisnis, sangat memerlukan data statistik untuk keperluan data penelitian dan lainnya. Sekarang jika ingin memperoleh data statistik tidak perlu jauh-jauh lagi ke Kantor Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, cukup di Pojok Statistik yang ada di masing-masing kampus sudah bisa mengakses data statistik yang dibutuhkan,” ucapnya.


Lebih jauh Hanif Yahya  menjelaskan bahwa seiring berjalannya waktu pada Pojok Statistik tersebut akan ada agen statistik dari masing-masing perwakilan kampus yang akan dilatih langsung oleh staf Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. 

“Kami tentunya akan selalu mengawasi keberadaan Pojok Statistik ini agar benar-benar berfungsi dengan baik. Kami selalu siap apabila Kampus membutuhkan bantuan staf Badan Statistik Provinsi dalam penyesuaian penerapan Pojok Statistik ini,” katanya. 

Kemudian I Made Sudjana mengatakan bahwa keberadaan Pojok Literasi yang telah diresmikan tersebut sangatlah penting mengingat fungsi Tri Dharma perguruan tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat. 

“Penelitian di tingkat perguruan tinggi yakni bersifat ilmiah dan harus berlandaskan dengan data dan statistik yang akurat,” tegasnya.

Peresmian Pojok Statistik di Kampus IPB I Bali dilanjutkan dengan sosialisasi yang bertemakan ‘Tingkatkan Literasi Statistik Melalui Pojok Statistik’.

Hanif Yahya berharap agar selalu dapat menjalin kerja sama yang baik dengan kampus-kampus yang ada di Bali dalam hal ini menyediakan Pojok Literasi guna mencetak lulusan yang baik serta berkualitas.

Komentar