nusabali

Mulai Siang Ini, Jalur Menuju Jalan Ngurah Rai-Gatot Subroto Ditutup

  • www.nusabali.com-mulai-siang-ini-jalur-menuju-jalan-ngurah-rai-gatot-subroto-ditutup

NEGARA, NusaBali
Sejumlah jalur menuju Jalan Ngurah Rai, Kecamatan Jembrana, dan Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, akan ditutup per Kamis (18/8) siang hingga petang.

Penutupan jalur tersebut dilakukan sehubungan acara pawai budaya HUT ke-127 Kota Negara yang akan dilaksanakan di sepanjang Jalan Ngurah Rai – Gatot Subroto.

Lokasi pelaksanan pawai budaya tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang biasa dipusatkan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Jembrana. Tiap pelaksanan pawai budaya di Jalan Jenderal Sudirman, arus lalu lintas Denpasar – Gilimanuk dialihkan menuju Jalan Ngurah Rai – Gatot Subroto.

Sedangkan untuk lokasi pawai budaya tahun ini dibalik menggunakan Jalan Ngurah Rai – Gatot Subroto. Sedangkan Jalan Jenderal Sudirman tetap dibuka untuk jalur utama arus lalu lintas Denpasar – Gilimanuk. “Rute pawai start dari depan Puri Agung Negara (di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Negara) sampai di persimpangan tugu Adipura (di Jalan Ngurah Rai, Kecamatan Negara),” ujar Kepala Bidang Perhubungan pada Dinas Perhubungan, Kelautan, dan Perikanan Jembrana I Gede Ariadi, Rabu (17/8).

Ariadi mengatakan, penutupan sejumlah jalur menuju Jalan Ngurah Rai – Gatot Subroto itu rencananya dimulai pukul 12.00 Wita hingga pawai selesai sekitar pukul 18.00 Wita. Nantinya ada 4 titik jalur utama yang akan ditutup untuk arus lalu lintas kendaraan dari arah Denpasar maupun Gilimanuk.

Pertama, yakni penutupan jalur dari simpang Batuagung ke selatan, dan diarahkan lurus di Jalan Umum Denpasar – Gilimanuk. Kedua, penutupan jalur dari simpang Sudirman ke selatan. Ketiga, penutupan jalur dari simpang Melati ke selatan. Dan keempat, penutupan jalur dari simpang Pendopo ke selatan. “Jadi untuk arus kendaraan rute Denpasar – Gilimanuk, cukup lurus. Sedangkan yang ke selatan ditutup,” kata Ariadi.

Selain penutupan saat hari H itu, kata Ariadi, juga ada 2 titik jalur lalu lintas yang ditutup terkait pembangunan panggung undangan VIP di simpang Wibisana atau persimpangan dekat Pasar Umum Negara, sejak Selasa (16/8). Yakni penutupan arus lalu lintas ke arah barat di simpang Adipura yang dialihkan ke arah utara. Kemudian penutupan arus lalu lintas ke arah utara di simpang Wibisana yang dialihkan ke arah timur.

"Rekayasa arus lalu lintas untuk hari H pawai besok (hari ini) sudah fix. Tadi juga sudah kita bahas untuk kesiapan-kesiapan teknis anggota dan kantong parkir. Jadi nanti untuk kantong parkir penonton, kita sudah siapkan beberapa titik. Termasuk nanti kita siapkan tempat parkir di jalan-jalan jalur yang di selatan ataupun utara menuju lokasi pawai,” ucap Ariadi. *ode

Komentar