nusabali

Pakaian Nusantara Warnai Upacara HUT RI di Tabanan

  • www.nusabali.com-pakaian-nusantara-warnai-upacara-hut-ri-di-tabanan

TABANAN, NusaBali
Upacara HUT ke–77 RI di Kabupaten Tabanan yang dilaksanakan di Lapangan Alit Saputra Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan, berlangsung meriah, Rabu (17/8).

Sebab seluruh peserta upacara terutama kepala OPD mengenakan busana adat nusantara. Termasuk Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mengenakan busana adat daerah Jawa Tengah. Selain Bupati Sanjaya, Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan didampingi Ny Widiartini Wirawan juga mengenakan pakaian adat khas Sunda, Sekda Tabanan Gede Susila memakai pakaian adat khas Sumatra Barat, begitupun dengan para Asisten dan jajaran OPD di lingkungan Pemkab Tabanan dengan antusias dan penuh semangat memakai pakaian kebesaran dari beberapa daerah di Indonesia.

Selaku inspektur, Bupati Sanjaya tampak seperti bangsawan Keraton dengan mengenakan pakaian safari hitam lengan panjang dikombinasikan dengan memakai blangkon hitam dan bawahan kain batik. Sangat selaras dengan pakaian yang dikenakan oleh Ny Rai Wahyuni Sanjaya yang saat itu terlihat anggun mengenakan busana adat khas Jawa Tengah tersebut.

Bupati Sanjaya mengatakan busana adat nusantara yang dikenakan saat upacara untuk mengimplementasikan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila. “Sesuai arahan dari Pak Jokowi (Presiden RI), pada moment yang bahagia ini, kita harus bersatu walaupun berbeda-beda,” tegasnya.

Dia  menyebutkan, dengan memakai pakaian adat nusantara pada momen seperti ini ataupun serupa, mampu menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi pihaknya serta memberikan manfaat bagi pelaku UMKM. Dirinya pun tidak menyangka, bahwa seluruh jajaran ikut berbusana adat nusantara.

“Ternyata sangat luar biasa. Saya juga mengenakan pakaian adat Jawi Jangkep, dan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya pribadi begitupun kawan-kawan, Pak Wakil, Pak Sekda, dan semua OPD, bangga berfoto bersama, riang gembira mengenakan pakaian adat nusantara. Kita memaknai hari kemerdekaan ini juga dengan riang gembira dan penuh suka cita, memegang teguh Bhineka Tunggal Ika,” tandas Bupati Sanjaya. *des

Komentar