nusabali

Bendera Sepanjang 45 Meter Dibentangkan di Shortcut Baturiti

  • www.nusabali.com-bendera-sepanjang-45-meter-dibentangkan-di-shortcut-baturiti

TABANAN, NusaBali
Peringatan HUT ke–77 RI di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, berlangsung unik.

Sebagai ungkapan semangat, pemerintah desa dan kecamatan membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 45 meter di Shortcut perbatasan Desa Batunya dengan Desa Candikuning pada Rabu (17/8).
Proses pembentangan bendera Merah Putih ini dilakukan oleh 45 orang terdiri dari unsur Pramuka, camat, kapolsek, dan kepala desa dari atas shortcut.

Perbekel Candikuning I Made Mudita mengatakan, aksi yang dilakukan ini adalah spontanitas. Setelah selesai melaksanakan upacara bendera di kecamatan, baru kegiatan pembentangan bendera dilakukan. “Koordinatornya saya sendiri, ini sebagai ungkapan semangat dalam merayakan kemerdekaan Indonesia,” ucap Mudita.

Dikatakan, bendera dibentangkan oleh 45 orang sesuai dengan tahun Indonesia Merdeka. Sebelum dibentangkan seluruh peserta melaksanakan gladi. Begitu dirasa pas, barulah bendera dibentangkan secara bersama-sama dari atas shortcut. “Prosesnya ini bendera dipegang sama-sama dari atas, kebetulan di bawah shortcut ada jembatan, jadi ada orang yang mengarahkan dari bawah. Setelah siap, baru bendera dilepas,” ungkap Mudita.

Menurutnya karena tahun ini dilakukan spontanitas, tahun depan pihaknya berencana membentangkan bendera yang lebih panjang dan berkonsep lebih apik. “Sekarang bendera masih kami pasang, kami ikat di tiang bendera, belum dilepas,” tandas Mudita, kemarin. *des

Komentar