nusabali

Perajin Perak Dambakan Pelatihan dan Promosi Pasar Ekspor

  • www.nusabali.com-perajin-perak-dambakan-pelatihan-dan-promosi-pasar-ekspor

DENPASAR, NusaBali.com - Memiliki kontribusi dalam peningkatan ekonomi Bali melalui pasar ekspor, pelaku usaha kerajinan perak minta lebih diperhatikan oleh pemerintah.

Ekspor Bali di semester pertama 2022 menunjukkan tren bagus jika dibandingkan periode yang sama tahun 2021. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Bali, nilai ekspor Bali pada periode Januari hingga Juni 2022 mencapai USD 299,42 juta atau naik 22,56 persen 

Primadona teratas masih sektor perikanan, termasuk krustasea dan moluska yang pada bulan Juni 2022 mencatat angka ekspor sebesar USD 13,13 juta. 

Disusul ekspor pakaian dan aksesorisnya (bukan rajutan) sebesar USD 8,54 juta. Setelah itu, ekspor logam mulia dan perhiasan/permata memberi kontribusi sebesar USD 5,38 juta. Angka ini mengalami kenaikan 15,64 persen dibanding bulan Mei 2022.

Workshop Darmawan Silver yang berada di Jalan Nagasari, Penatih, Denpasar Timur, menjadi salah satu eksportir perhiasan, khususnya kerajinan perak ke berbagai negara, mulai Asia, Amerika, hingga benua biru Eropa.

"Kami mengutamakan kualitas dan presisi tinggi," kata Lenny Hartono, 51, owner Darmawan Silver ketika ditanya soal diminatinya produk perusahaannya hingga mancanegara. 

Besarnya permintaan pasar ekspor itu membuat Darmawan Silver bisa mempekerjakan hingga 129 karyawan. Padahal jika mengenang perjalanan usaha yang dimulai tahun 2005 ini hanya mempekerjakan empat orang saja.

"Kami banyak menyerap tenaga kerja hingga ratusan jumlahnya. Bahkan sebenarnya kami masih menginginkan terus merekrut tenaga kerja, namun kompetensi keahliannya masih sangat terbatas," terang Lenny Hartono yang juga dikenal sebagai desainer pakaian daur ulang. 

Karena itu Lenny berharap pemerintah lebih memberikan atensi dalam hal bimbingan pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM). 

Di sisi lain, Lenny Hartono juga berharap adanya bantuan untuk  lebih mengembangkan perusahaan. “Harapannya ada kemudahan untuk ekspor, termasuk bantuan dalam hal pemasaran. Karena selama ini kami harus melakukan promosi dan menggaet pasar luar secara mandiri,” pungkas perempuan yang baru merilis single ‘Jangan Pernah menyerah’ ini.

Komentar