nusabali

Sambut HUT RI, Pecalang Apel di Pantai

  • www.nusabali.com-sambut-hut-ri-pecalang-apel-di-pantai

SEMARAPURA, NusaBali
Pecalang Desa Adat Dalem Setra Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, menggelar apel bendera di pantai wilayah setempat, Sabtu (13/8) sore.

Apel serangkaian peringatan HUT ke-77 RI, dan HUT ke-64 Provinsi Bali. Apel diikuti 9 pecalang dipimpin Bendesa Adat Dalem Setra Batununggul, I Dewa Ketut Anom Astika, di pantai sebelah utara Pura Dalem, Desa Adat Dalem Setra Batununggul. Para pecalang tampak beratribut pecalang lengkap. Mereka membentuk baris 3 bersaf dan 3 berbanjar. Bendesa Dewa Anom berdiri di depan. "Upacara bendera ini digelar menjelang matahari terbenam, dan posisi menghadap utara, tepatnya pemandangan Gunung Agung, Karangasem," ujar Dewa Anom, Minggu (14/8).

Dewa Anom menjelaskan upacara ini merupakan peringatan hari jadi HUT RI dan HUT Pemprov. "Apel ini sebagai kebanggaan dan menumbuhkan rasa nasionalisme," ujar Dewa Anom. Kata dia, apel ini juga sebagai bentuk ungkapan terimakasih kepada para pahlawan yang sudah berjuang. "Meski di saat situasi seperti sekarang yang tidak menentu, rasa kebanggaan berbangsa dan negara adalah hal pokok atau pondasi dalam bernegara," ujarnya. *wan

Komentar