nusabali

Pokdarwis Harus Kolaborasi Kembangkan Potensi Wisata

  • www.nusabali.com-pokdarwis-harus-kolaborasi-kembangkan-potensi-wisata

SINGARAJA, NusaBali
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di masing-masing desa wisata, memiliki peran penting dalam hal upaya pengembangan sektor pariwisata khusus di desa.

Untuk itu diperlukan kolaborasi antar Pokdarwis untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di setiap desa. Hal ini disampaikan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana saat menghadiri acara Gebyar dan Pengukuhan Pokdarwis Banyuasrep, pada Minggu (14/8) di Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng.

Suradnyana mengatakan, hal yang penting dalam memajukan desa adalah menjaga hubungan yang harmonis antar desa. Sehingga seluruh potensi di masing-masing desa dapat dikembangkan secara maksimal. Salah satunya pada sektor wisata. "Saya minta bentuk dewan Pokdarwis, yang akan terus mendiskusikan kepentingan desa," kata Suradnyana.

Menurut Suradnyana, setiap desa harus menggali kemampuan yang dapat dilibatkan dalam kegiatan kepariwisataan. Saat ini pariwisata berbasis lingkungan menjadi trend di Bali. Sehingga di Buleleng harus berbeda dari daerah lain. "Ingat ya, jargon Buleleng tourism is different. Kalau di sini ada kelas memasak, coba buat berbeda. Yang penting semua harus serius. Jangan hanya sekadar saja. Harus cerdas dalam mencari celah," ujar Suradnyana.

Ketua Panitia Gebyar Pokdarwis Banyuasrep Desa Banyuatis, Kadek Supartika menjelaskan, Pokdarwis Banyuasrep nantinya akan mengembangkan wisata alam dengan ikon air terjun. Termasuk kuliner khas Desa Banyuatis. Serta menampilkan seni dan budaya.

"Kami akan selalu menerima saran dan masukan dari seluruh pihak melalui kolaborasi antar Pokdarwis. Semoga ke depannya, Pokdarwis Banyuasrep dapat meningkatkan pendapatan desa melalui seluruh kegiatan kepariwisataan yang akan disuguhkan," pungkas Supartika. *mz

Komentar