nusabali

Sepeda Hias Marakkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Denpasar

  • www.nusabali.com-sepeda-hias-marakkan-hut-ke-77-kemerdekaan-ri-di-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com - Dalam rangka menyambut HUT Ke-77  Kemerdekaan RI, belasan SD dan SMP di Kota Denpasar mengerahkan siswanya untuk mengikuti pawai sepeda hias di Lapangan Puputan Badung, Denpasar, Sabtu (13/8/2022).

"Ada 77 orang peserta, ini untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI juga Provinsi Bali. Rutenya keliling kota Denpasar, tidak jauh jaraknya karena anak-anak yang membawa sepeda hias," kata Endradatta, Ketua Sekretariat Bersama Sepeda sebagai penyelenggara.

Endra mengatakan pawai sepeda hias sekaligus lomba hiasan pada sepeda ini digelar untuk menanamkan jiwa nasionalisme pada pelajar SD dan SMP sebagai generasi muda yang dinilai akar kekuatan dari sebuah bangsa.

Tak hanya pawai sepeda bagi pelajar, komunitas sepeda ini akan melanjutkan rangkaian menuju HUT RI yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Denpasar dengan menggelar night ride dari sore hari yang diisi oleh sepeda tua pada Minggu (14/8/2022).

Komunitas sepeda ini melakukan kegiatan pawai sepeda sebagai bentuk memaknai kemerdekaan khususnya bagi siswa-siswi, dengan rencana ke depan akan kembali dilaksanakan tiap menyambut Hari Kemerdekaan RI.

"Penting sekali ya buat adik-adik ini untuk memaknai kemerdekaan, agar memahami betul tidak mudah untuk mendapatkan kemerdekaan itu. Salah satunya dengan parade ini, juga untuk mengasah kreativitas, membiasakan anak bersepeda, dan mencintai lingkungan," ujarnya.

Pawai sepeda yang diikuti pelajar sejak pagi mengambil rute keliling Denpasar, mulai dari Lapangan Puputan Badung menuju Jalan Hassanudin, Jalan Thamrin, Jalan Gajah Mada dan kembali ke depan Museum Bali.

Bayu Sanjaya, 10, siswa kelas 5 dari SDN 28 Dangin Puri yang mengikuti parade mengaku senang. Sejak kemarin, Bayu dan empat temannya dibantu para guru menghias sepeda dengan tema kemerdekaan.

"Menghias dari kemarin, isi bendera, kertas jagung, hiasan pita, anyaman Bali. Ini pertama kali jadi senang, ingin kalau diadakan lagi tahun depan soalnya menghibur dan jarang ada," kata Bayu.

Hal senada juga dikatakan Fahreza Sandi, 11, yang tak merasa lelah meskipun harus mengayuh sepeda dengan jarak cukup jauh, ia justru senang dan optimis bahwa sepeda hias miliknya adalah terbaik.

"Ingin ada lagi, seru aja bisa keliling. Tadi keliling Kota Denpasar tapi nggak capek soalnya seru ramai-ramai," ujar siswa kelas 6 SD tersebut.

Ni Gusti Ayu Paryanti, 29, selaku guru pendamping bagi siswa SDN 28 Dangin Puri mengatakan bahwa parade yang berlangsung perdana ini sangat diminati para siswa. Terbukti, pihaknya cukup kesulitan karena antusias siswa untuk mengikuti pawai sepeda hias tinggi namun sekolah hanya dapat memilih lima diantaranya.

"Jadi kami pertimbangkan dulu kelas 5 dan kelas 6 karena mengaturnya lebih mudah, jadi yang kelasnya lebih rendah kami bilang biar tahun depan. Semangat semua anak-anak, tumben ya ada acara ini mereka semangat minta ikut," katanya.

Selaku guru, Paryanti berharap dengan kegiatan pawai sepeda hias ini para siswa dapat lebih memaknai Hari Kemerdekaan RI, termasuk mencintai tanah air setelah bersepeda menyusuri kota madya yang nampak indah saat dilalui dengan sepeda gayung.*ant

Komentar